Sekedar Tahu Saja..!!

Diposting oleh bening Sabtu, 18 Oktober 2014 01.16

Sekedar Tahu Saja..!!


Gadget Ini Dapat Membantu Mengingat Password Apapun

Posted: 17 Oct 2014 07:43 AM PDT

Mengingat passwordMeski anda bukan tipe orang yang pelupa, tapi untuk mengingat semua jenis password yang kompleks dan panjang juga cukup memusingkan kepala. Sekarang, para peneliti di seluruh dunia sedang mencoba menemukan beberapa cara penggunaan kode yang lebih sedikit. Peneliti asal Inggris telah menemukan alternatifnya, mereka menciptakan sebuah gadget yang dapat login menggantikan password yang digunakan saat ini.

Frank Stajano, peneliti di laboratorium komputer University of Cambridge, Inggris mengatakan, "Ketika login di masing-masing situs yang berbeda, Anda mungkin perlu password yang berbeda. Dan password ini tidak bisa berupa kata-kata atau nama dalam kamus, passwordnya harus cukup panjang, dan dikombinasikan dengan campur huruf besar, huruf kecil, angka maupun symbol, dan Anda tidak bisa mencatatnya.....namun, bagaimana jika password itu dibajak."

Sehubungan dengan itu, Stajano mengusulkan solusi yang elegan, yaitu perangkat elektronik yang disebut Pico. Ia dapat mewakili anda mengingat semua data login. Penggunaan perangkat ini tidak perlu kode lagi, anda cukup memindai kode Pico. Pico dapat memulai protokol kriptografi yang memungkinkan Anda untuk log on. Selain itu, Pico hanya bekerja pada "lingkaran cahaya aman" pada fasilitas Picosiblings.

Picosiblings dapat dibawa kemanapun anda pergi, dapat dimasukkan ke dalam saku pakaian anda, dengan demikian kode anda sulit dicuri. Di luar "lingkaran cahaya aman", Pico akan terkunci. Selain "aura aman", meski Anda kehilangan perangkat ini juga tidak akan kehilangan akses.

Stajano mengatakan, "Pico dirancang untuk menghilangkan kode apapun yang perlu diingat saat login, termasuk password, nada perintah, PIN, foto dan sebagainya."

Metode Stajano bukan satu-satunya solusi untuk menggantikan password, banyak perusahaan keamanan di seluruh dunia sedang melakukan penelitian serupa. Sebagai contoh, perusahaan keamanan Swedia BehavioSec mengembangkan sebuah software, yang dapat mengidentifikasi identitas Anda dengan memasukkan password. Inspirasi dari metode ini berasal dari bank-bank di Eropa, cara sederhana ini dapat memverifikasi identitas pelanggan.

Ketika diwawancarai baru-baru ini, CEO BehavioSec Neil Costigan mengatakan, "Kami sedang mencari irama orang-orang ketika memasukkan password, tidak hanya berupa password apa yang mereka ketik, tetapi juga bagaimana mereka memasukan kode itu. Kemudian kami akan membandingkannya dengan perangkat anda lainnya atau komputer yang pernah anda gunakan di masa lalu." Menurut penjelasannya, setiap keganjilan akan dapat dikenali, kemudian mulai proses verifikasi lebih lanjut. Keakuratan pada sistem perangkat ini dalam hal mengidentifikasi status pengguna mencapai 99,7%, dan sangat sulit bagi hacker untuk mencuri passwordnya. Teknologi tersebut menjadikan password dan informasi lainnya dari pengguna menjadi lebih aman.

Sumber

Jam Bermain Aman untuk Kesehatan Mata Anak

Posted: 17 Oct 2014 07:36 AM PDT

Kesehatan mata anak

BERMAIN di luar ruangan adalah saat bermain yang digemari oleh anak-anak. Saat matahari terik, ada baiknya orangtua perlu memperhatikan jam bermain anak. Terutama yang aman untuk kesehatan mata anak.

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari ditemukan tidak hanya dapat memberikan efek buruk terhadap kulit manusia, namun untuk mata juga. Menurut banyak penelitian, lensa mata, khususnya pada anak-anak, dapat terancam mengalami gangguan jika sering terpapar sinar UV.

Dengan memantau jam-jam bermain anak di luar ruangan, orangtua dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH., Konsultan Tumbuh Kembang FKUI-RSCM, menyarankan jam-jam tertentu di mana sinar matahari aman bagi mata anak.

"UV itu kan ada jenis-jenisnya. Kalau sudah terlalu siang, anak sebaiknya beraktivitas di dalam ruangan. Tetapi kalau pagi atau sore masih aman, jadi tidak apa-apa, kita kan juga butuh sinar matahari," jelas dr. Bernie kepada Okezone di bilangan Menteng, Jakarta, baru-baru ini.

Dokter Bernie menegaskan bahwa perkiraan waktu yang aman untuk anak-anak beraktivitas di luar di pagi hari adalah di bawah jam sembilan, sementara untuk sore hari sinar matahari lebih aman setelah jam tiga sore.

"Memang UV itu katanya berhubungan dengan katarak dan gangguan mata lainnya. Jadi lebih baik orangtua mau memproteksi mata anak," tutupnya.

Sumber

Indonesia Kembangkan Teknologi Baterai Masa Depan

Posted: 17 Oct 2014 07:31 AM PDT

baterai masa depan

Teknologi mobile mendorong segala perangkat bergantung pada baterai untuk bisa beroperasi. Namun, teknologi baterai yang berkembang tak seiring perkembangan teknologi perangkat sehingga membuat komponen itu menjadi salah satu masalah serius di industri teknologi.

Mobil listrik yang disebut-sebut jadi kendaraan masa depan yang ramah lingkungan sediki banyak terbentur oleh terbatasnya teknologi baterai. Bobot baterai yang mengambil porsi sebesar 35-50% berat kendaraan disebutkan sebagai masalah yang perlu diselesaikan.

Peneliti utama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Prof Evy Kartini menyatakan pihaknya telah menguasai teknologi baterai lithium. Pakar baterai itu menjelaskan dengan menggunakan teknik neutron atom ringan maka lithium dan hidrogen dapat diidentifikasi.

"Teknik neutron bisa mengetahui pergerakan lithium. Setelah itu kita bisa memodifikasi," ungkap Evy di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Lebih lanjut, Evy mengungkap bahwa BATAN telah berhasil memproduksi baterai dalam skala laboratorium. Sedangkan untuk skala produksi baterai secara massal ditangani oleh lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI).

Untuk mengembangkan teknologi dan memproduksi baterai dalam negeri, kata Evy, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar untuk pengembangan dan produksi baterai yang akan digunakan untuk mobil listrik.

"BATAN mendapatkan dana sebesar Rp20 miliar untuk pembuatan laboratorium dan pengembangan baterai. Sedangkan LIPI mendapat alokasi dana sebesar Rp80 miliar untuk menangani urusan produksi massalnya," jelasnya.

Kepala BATAN, Djarot Wisnubroto, mengatakan baterai menjadi kebutuhan utama di masa depan. Berbagai perangkat gadget dan perangkat mobile lainnya telah dilengkapi baterai sebagai komponen utamanya.

"Baterai digunakan mobil listrik maupun telepon seluler," kata Djarot. Dirinya juga mengungkapkan harapannya agar Indonesia bisa memproduksi baterai berkapasitas besar dalam bentuk kecil secara mandiri.

BATAN mengadakan pekan sains internasional yang terdiri dari tiga kegiatan sekaligus pada 13-17 Oktober yakni konferensi internasional material dan teknologi, riset bersama mengenai baterai, dan "AONSA Scattering Neutron School".

Sumber

Pernikahan Unik, Pengantin Diarak dengan Bulldozer

Posted: 17 Oct 2014 07:25 AM PDT

Pasangan pernikahan unik ini berasal dari kota Yanchang, Provinsi Shaanxi, China. Pengantin ini tidak diketahui nama lengkapnya, namun sang mempelai pria memiliki marga An. An dan istrinya tak ingin pernikahan mereka biasa-biasa saja. Karena itulah An menggagas ide unik dengan meminta teman-temannya mengumpulkan bulldozer sebagai mobil pengantin di hari pernikahannya, dilansir oleh shanghaiist.com, Kamis (16/10).

Pengantin unik

Dalam tradisi di negara China, pengantin pria yang akan datang ke rumah pengantin wanita dan menjemput calon istrinya. Bisa dibayangkan betapa heboh saat ada 8 bulldozer yang mengiringi perjalanan An menuju rumah mempelai wanita. Jarak rumah mereka sekitar 10 kilometer, cukup jauh, apalagi harus ditempuh memakai bulldozer. Namun perjalanan itu terasa membahagiakan, karena An akan menikahi wanita yang paling dia cintai dengan cara yang tidak biasa.

Pengantin unik

Setelah An menjemput calon istrinya, sang pengantin wanita juga naik ke atas bulldozer dan dibawa keliling kota. Hal ini jelas menarik perhatian para warga, namun kedua pengantin baru ini santai saja dan menikmati hari spesial mereka di atas bulldozer. Mesin yang seharusnya jadi alat bangunan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai mobil yang romantis.

Pengantin unik

"Ide ini membuat banyak orang menatap kami dan menikmati keseluruhan perjalanan yang kami lakukan," ujar An kepada para wartawan.

Pengantin unik

Di China sendiri, pernikahan menjadi hari yang sangat spesial. Sudah ada banyak resepsi pernikahan unik diselenggarakan, mulai dari gaun pengantin terpanjang, menikah di dalam pesawat yang sedang terbang dan sebagainya. Well, walaupun mobilnya tidak so sweet, semoga pernikahan An tetap sweet hingga kakek nenek.

Sumber

Comments (0)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...