Zona Orang Gila

Diposting oleh bening Minggu, 22 Agustus 2010 09.25

Zona Orang Gila


Cerita Dari Lubang Buaya

Posted: 22 Aug 2010 06:07 AM PDT




HUJAN turun deras. Datuk Banjir menutup kepalanya dengan kain sarung. Begitu juga kedua temannya. Dalam gelap, getek yang mereka naiki dibiarkan melaju sendiri mengikuti riak air. Di sebuah tempat, getek tiba-tiba berhenti. Datuk mengambil galah dan membenamkan ujungnya ke dasar air untuk mendapatkan gerak maju. Dasar air tak tersentuh. Getek tetap diam. Dicobanya lagi, masih tak berhasil. Datuk mengira, di sana ada lubang tempat persembunyian buaya.

Ketika air telah surut, Datuk kembali ke sana. Benar saja, di situ terdapat sebuah lubang. Bentuknya seperti sumur. Ia menamakannya Lubang Buaya.

Legenda Lubang Buaya
berkembang dari mulut ke mulut. Terakhir, penduduk sekitar mendengarnya dari H. Yusuf, pria asal Cirebon, yang mengklaim keturunan Datuk Banjir. Mereka yang percaya, mendatangi sumur itu setiap menjelang musim hujan, sekira bulan Oktober. Di sana, mereka menyelenggarakan ruwatan. Doa mohon keselamatan dari ancaman bahaya banjir dipanjatkan. Nama Datuk Banjir yang diyakini menguasai tempat itu, mereka lafalkan dengan khidmat. Tradisi ruwatan meluas ke permohonan lain. Kepada sang penguasa sumur, warga juga meminta limpahan rejeki dan jodoh buat anak-anak gadisnya.

Sumur Lubang Buaya terletak di Desa Lubang Buaya

Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Di sebelah selatannya terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia Cilangkap, sebelah utara Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, sebelah timur Pasar Pondok Gede, dan barat Taman Mini Indonesia Indah.

Tanah di seputaran bibir sumur berwarna merah kecoklatan dan kering. Bagian terdekat diberi terali besi bercat merah putih. Lantai marmer putih kilap mengelilingi sumur berdiameter 75 centimeter itu. Sebuah cungkup, bangunan seperti pendopo, memayunginya. Langit-langit bangunan ini diukir.

Tepat di atas lubang, sebuah cermin bergantung. Lewat cermin inilah orang bisa menatap dasar sumur yang diberi pelita. Kecuali nyala api tadi, tak ada apa-apa lagi di sana. Jangankan air, rumput pun tak tumbuh di sumur berkedalaman 12 meter itu.

Kalau Lubang Buaya ditata, itu bukan dimaksudkan untuk mengendapkan cerita rakyat tentang Datuk Banjir. Ada cerita lain yang punya dimensi politik, sekaligus jadi bagian sejarah Indonesia dengan segala kontraversinya. Di sanalah jasad tujuh perwira militer, enam jenderal dan seorang letnan, ditemukan dalam keadaan rusak. Peristiwa traumatik ini, terutama bagi militer Indonesia, dikenal dengan nama G-30-S PKI, kependekkan dari "Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia".

Pembunuhan atas para perwira itu jadi antiklimaks ofensif PKI terhadap seteru-seteru politiknya. Militer memburu mereka yang dianggap bertanggung jawab. Kekuatan massa PKI habis dalam tempo cepat, menyusul pembantaian besar-besaran atas mereka di berbagai daerah oleh militer dan massa pro-militer. Sebagian di antaranya dijebloskan ke dalam penjara dan diasingkan ke pulau-pulau terpencil.

Kilas balik ofensif PKI, yang ditandai oleh pembentukan milisi dan sayap militer, sekurang-kurangnya dapat ditelusuri ke tanggal 23 Mei 1965. Saat itu, PKI menggelar peringatan ulang tahun. Dalam even ini, D.N. Aidit, ideolog PKI, menyeru kader-kadernya untuk meningkatkan sikap revolusioner.

Perayaan yang mirip 'parade kekuatan rakyat' itu semarak dengan poster-poster berisikan slogan-slogan PKI, termasuk propaganda pembentukan "Angkatan V". Ini merujuk kepada kekuatan buruh dan tani untuk dipersenjatai dan dilatih kemiliteran. Empat angkatan yang telah terbentuk sebelumnya adalah militer angkatan darat, laut, udara dan kepolisian.

Ledakan kebringasan massa hanya tinggal tunggu waktu. Dan benar, seruan Aidit diikuti oleh terjunnya para eksponen PKI ke desa-desa membawa slogan "Desa Mengepung Kota", tak ubahnya slogan Mao Tse Tung ketika mengobarkan revolusi komunisme di China.

Dalam aksinya, mereka meneriakkan kebencian terhadap unsur-unsur masyarakat yang dianggap jadi lawan-lawan politiknya. PKI mengekspresikannya dalam slogan "Tujuh Setan Desa". Mereka adalah tuan tanah, tengkulak, bandit desa, tukang ijon, lintah darat, birokrat desa, dan amil zakat. Keadaan memanas, massa PKI melakukan serangkaian pembantaian dan pembunuhan sistematis terhadap "setan-setan" itu.

Aksi brutal PKI meresahkan rival-rivalnya. PNI (Partai Nasional Indonesia), NU (Nahdlatul Ulama), Parkindo (Partai Kebangkitan Indonesia), Partai Katolik, PSII (Partai Syarikat Islam Indonesia), hingga IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia), siaga menghadapi berbagai kemungkinan seraya melontarkan berbagai kecaman. PKI di satu pihak dan lawan politiknya di pihak lain, berhadap-hadapan untuk suatu konfrontasi terbuka.

Pimpinan PKI di Jakarta, yang tergabung dalam Politbiro, lembaga kekuasaan tertinggi partai berlambang paru dan arit itu, menyambut reaksi seteru-seterunya dengan mempercepat pembentukan milisi. Juli 1965, kader-kader PKI berdatangan ke Lubang Buaya.

Di sana, mereka dilatih oleh sejumlah instruktur militer di bawah pimpinan Mayor Udara Sujono, Komandan Pasukan Pertahanan Pangkalan Halim. Tak hanya kaum pria, kader-kader PKI perempuan pun ikut serta. Kebanyakan dari mereka berasal dari organisasi yang sangat solid pada masa itu: Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia).

Di akhir latihan, mereka mendiskusikan berbagai persoalan politik, terutama sepak-terjang sejumlah jenderal yang dianggap korup dan dekaden hingga Indonesia dilanda krisisis. Saat itu, laju inflasi memang sudah mencapai dua digit. Antrean bahan makanan pokok berlangsung di mana-mana. Banyak rakyat yang kelaparan.

Massa PKI berang. Mereka berteriak-teriak meminta para jenderal itu dihadirkan ke hadapan mereka.

Letnan Kolonel Untung, komandan Cakrabirawa, pasukan pengawal kepresidenan, memerintahkan Letnan Satu Dul Arief untuk menjemput dan membawa jenderal-jenderal yang telah didata. Pasukan Pasopati yang dipimpinnya segera bergerak dari Lubang Buaya sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka menyebar ke sasaran masing-masing secara serentak.

Brigadir Jenderal Soetodjo Siswomihardjo, Brigadir Jenderal Donald Izaac Pandjaitan, Mayor Jenderal S. Parman, Mayor Jenderal MT Hardjono, Letnan Jenderal Ahmad Yani, Mayor Jenderal R. Soeprapto dan Letnan Satu Piere Andries Tendean, mereka bawa ke Lubang Buaya untuk diinterogasi. Massa yang sedang kalap menganiaya mereka hingga tewas. Jenazah para korban lantas dibenamkan ke dalam sumur itu. [Versi lain mengatakan sebagian di antara mereka masih hidup ketika dijatuhkan ke sumur.]

Kisah-kisah menyeramkan pun segera mengalir. Soeharto, salah seorang jenderal yang selamat, mengkampanyekan kekejian massa PKI lewat dua koran milik militer: Angkatan Bersenjata dan Berita Yudha. Disebutkan, sebelum dibunuh, para perwira itu disiksa dan dijadikan bagian pesta mesum Gerwani. Sejumlah perwira disayat-sayat kemaluannya dan matanya dicungkil.

Sebelum dibunuh, mereka dikelilingi kader Gerwani sambil menari-nari dan menyanyikan lagu-lagu rakyat yang sedang populer masa itu, seperti Ganyang Kabir atau Ganyang Tiga Setan Kota ciptaan Soebroto K Atmodjo, komponis Lembaga Kebudayaan Rakyat, organisasi underbouw PKI. Genjer-genjer, lagu pop yang sedang hit waktu itu, ikut menyemarakkan. Mereka yang sudah trance kemudian menusuk-nusukkan pisau ke sejumlah anggota tubuh para korban.

Koran-koran pun memberitakan, dalam suasana yang semakin panas, beberapa wanita menanggalkan busananya, dan tenggelam dalam ritual pesta "Harum Bunga". Pesta ini sekaligus memuncaki pesta sebelumnya sebagai suatu rangkaian penanda berakhirnya latihan militer mereka. Ada berita lain yang menyebutkan, bahwa dalam pesta itu mereka melakukan hubungan seks liar. Seorang dokter diisukan memberikan pil-pil perangsang syahwat.

"Jelaslah bagi kita," kata Soeharto, "betapa kejamnya aniaya yang telah dilakukan oleh petualang-petualang biadab dari apa yang dinamakan Gerakan 30 September."

Mendapat dukungan massa, Soeharto mengambil-alih tongkat komando militer Indonesia. Ia memimpin upacara pengangkatan jenazah dari dalam sumur, mempertontonkannya kepada massa, dan mempublikasi data-data forensik tentang kerusakan jenazah dan penyebabnya. Kebencian akan PKI menyebar ke seantero negeri dan melahirkan perburuan besar-besaran pada tokoh-tokoh serta anggota partai tersebut.

Sudomo, bekas menteri Koordinator Politik dan Keamanan, mengatakan, ada sejuta massa PKI yang terbunuh. Angka ini jauh lebih kecil dari perkiraan peneliti masalah ini, yang menaksir antara dua sampai tiga juta orang.

Mereka yang selamat dari pembunuhan dipenjarakan dan diasingkan ke berbagai tempat, mulai Pulau Nusakambangan [wilayah selatan Indonesia] hingga Pulau Buru [wilayah timur Indonesia]. Hampir semua tahanan politik PKI, yang jumlahnya ribuan, dipenjarakan tanpa proses pengadilan. Bahkan surat penahanan pun mereka terima setelah bertahun-tahun berada di balik jeruji besi.

Soeharto sendiri, lewat secarik kertas bernama Super Semar—kependekkan dari Surat Perintah Sebelas Maret 1966, yang diteken Presiden Soekarno—akhirnya memegang komando militer dengan kekuasaan penuh. Bahkan, dengan kekuasaannya itu, ia mengasingkan Soekarno ke Istana Bogor dengan alasan pengamanan.

Soeharto kemudian menanda-tangani surat keputusan No.1/3/1966 untuk membubarkan PKI. Surat keputusan ini diperkuat lagi dengan Ketetapan Majelis Permusyaratan Rakyat Sementara (Tap MPRS) Nomor 25/1966.

Sejak itu, selain PKI dinyatakan partai terlarang, setiap kegiatan penyebaran atau pengembangan paham dan ajaran Komunisme-Marxisme-Leninisme, dianggal illegal. Seluruh eks PKI dan sanak-familinya tak diperkenankan masuk ke dalam jajaran pemerintahan dan militer. Di kemudian hari, mereka pun tak bisa jadi pegawai swasta karena swasta takut memperkerjakan mereka.

Bandul perubahan politik berjalan dengan cepat. Soeharto, yang sebelumnya sama sekali tak populer di mata rakyat, makin dielu-elukan sebagai penyelamat negara. Tahun 1967, ia diangkat jadi presiden kedua Indonesia oleh MPRS, yang diketuai Jenderal A.H. Nasution. Era Orde Baru dimulai.

Pada tahun itu juga, Soeharto langsung memerintahkan aparatnya untuk membebaskan kawasan Lubang Buaya dari hunian penduduk dalam radius 14 hektar. Mereka yang terusir kebanyakan memilih kampung Rawabinong dan Bambu Apus, beberapa kilometer dari Lubang Buaya, sebagai daerah tujuan.

Tahun 1973, kawasan itu diresmikan sebagai jadi Monumen Pancasila Sakti. Upacara kenegaraan 1 Oktober untuk mengenang peristiwa G-30-S PKI, segera mengubur upacara rakyat ruwatan Oktober untuk menyeru Datuk Banjir.

Ketujuh perwira militer yang terbunuh diabadikan dalam tugu, patung dan relief yang berada sekitar 45 meter sebelah utara cungkup sumur Lubang Buaya. Patung-patung mereka dibangun setinggi kurang lebih 17 meter dengan instalasi patung Burung Garuda di belakangnya. Dinding berbentuk trapesium, berdiri kokoh di atas landasan berukuran 17 x 17 meter bujur sangkar dengan tinggi 7 anak tangga.

Mereka berdiri dalam formasi setelah lingkaran, mulai Soetodjo Siswomiharjo, DI Pandjaitan, S. Parman, Ahmad Yani, R. Soeprapto, MT Hardjono dan AP Tendean. Salah satu patung di monumen tersebut, perwujudan A. Yani, yang di masa lalu jadi saingan Soeharto dalam karir kemiliteran, menunjukkan tangannya ke arah sumur Lubang Buaya—seolah hendak mengatakan, "Di sanalah kami mati." Mati fisik, mati politik.

Untuk masuk ke dalam monumen, orang harus berjalan sepanjang satu kilometer dari Jalan Raya Pondok Gede. Ucapan "Selamat Datang" terukir di di atas batu besar berwarna hitam. Kembang kertas berada di sepanjang jalan masuk. Sekeliling monumen dibuatkan tembok tinggi dari muka hingga belakang.

Di areal monumen, terdapat museum. Di sini, pengunjung bisa mendengarkan riwayat singkat para jenderal yang terbunuh itu, dengan memasukan koin dan menggenggam gagang telepon di bawah foto mereka. Bagi yang ingin menonton film G-30-S PKI disediakan tempat khusus. Mereka yang ingin membaca, disediakan perpustakaan.

Beberapa bangunan bekas orang-orang PKI menjalankan aktivitasnya bertebaran di sana. Di sebelah kiri sumur, misalnya, terdapat bangunan berukuran sekitar 8 m x 15,5 m yang dijadikan tempat penyiksaan para perwira itu. Bangunan ini terbuat dari ayaman bambu dan bilah-bilah papan yang dicat coklat dengan jendela kaca hitam. Sebelum G-30-S meletus, bangunan tersebut dulunya Sekolah Rakyat.

Di dalam ruangan, terdapat 18 patung. Sebagian di antaranya, patung perwira militer yang sedang disiksa. Di depan mereka, berdiri empat patung perempuan aktivis Gerwani. Salah satunya mengenakan busana tradisional kebaya putih berbunga-bunga kecil, sarung batik, dengan rambut panjang terurai. Ia memegang pentungan dalam sorot mata bengis.

Untuk melihat patung-patung itu, tersedia tiga jendela yang terbuka lebar. Penerangannya jelek. Debu-debu yang menempel di patung-patung tersebut memberi kesan kurang perawatan.

Tak jauh dari sana, berdiri sebuah bangunan bekas dapur umum, yang kabarnya menyimpan suara-suara aneh tanpa wujud. "Tertawa cekikikan dan bahkan melenguh," kata Yasan Suryana, seorang penjaga yang sudah 17 tahun bertugas sebagai pegawai honorer.

Terlihat, genteng rumah itu pernah direnovasi. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu bercat putih, dengan beberapa bagian dicat hijau. Menurut cerita warga di sana, rumah itu dulunya milik Ibu Amroh, seorang pedagang Cingkau (pakaian keliling). Tak ada yang tahu, di mana Ibu Amroh atau keturunannya berada kini.

Sekitar dua puluh meter dari dapur umum, terdapat rumah Haji Sueb, seorang penjahit. Ada beberapa bilik di dalamnya, dengan tiga lampu petromaks yang berdebu, mesin jahit di ruang tengah dan lemari pakaian dengan kaca besar di pintunya.

Rumah Haji Sueb dianggap sebagai pos komando PKI. Letnan Kolonel Untung, mengatur rencana penculikan terhadap perwira militer dari sana. Haji Sueb sendiri telah lama meninggal, setelah mengalami penahanan panjang di Pulau Buru. Keluarganya trauma dan tak pernah yakin Haji Sueb terlibat dengan gerakan itu. Suara-suara aneh pun sering terdengar di sini. Sejumlah penjaga, konon pernah mendengar suara tangis.

Kisah mistis masih bisa diperpanjang. Elizabeth [tanpa nama referensi kedua], pegawai museum, yang dianggap punya indera keenam oleh teman-temannya, sering melihat sosok perempuan yang tertawa-tawa saat berlangsung apel petugas jaga, yang kesemuanya berjumlah enam orang. Perempuan itu duduk di bawah air mancur yang menghadap Lapangan Saptamarga, tak jauh dari sumur.

Cerita-cerita mistis barangkali sama absurd-nya dengan cerita-cerita perlakuan kader-kader PKI terhadap para perwira militer yang dibunuh, termasuk penyayatan atas kemaluannya. Tahun 1987, dalam jurnal Indonesia terbitan Universitas Cornell, Ben Anderson, seorang ahli sejarah tentang Indonesia, mengungkapkan laporan dokter yang membuat visum et repertum atas jenazah para korban.

Dalam resume penelitian tim dokter yang diketuai Brigjen TNI dr Roebiono Kertapati itu, tertulis bahwa tak ada kemaluan korban yang disayat. Hal ini sekaligus mengukuhkan ucapan Presiden Soekarno, yang sebelumnya sempat mengatakan, bahwa 100 silet yang dibagikan kepada massa untuk menyayat-nyayat tubuh korban tak masuk akal.

Saskia Eleonora Wieringa—seorang sarjana Belanda penulis The Politicization of Gender Relations in Indonesia—menilai penjelasan resmi Orde Baru atas pembunuhan Lubang Buaya sebagai fantasi aneh. Dia mengatakan, penguasa militer dan golongan konservatif khawatir melihat kekuatan perempuan di zaman Soekarno, yang boleh jadi akan mengebiri kekuatan politik mereka. Dari sinilah mengalir fantasi aneh tentang pengebirian para perwira di Lubang Buaya itu.

"Semua pemberitaan mengenai Gerwani adalah fitnah yang dimulai oleh Soeharto sendiri," kata Sulami, 74 tahun, tokoh Gerwani. Ia, yang kini ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 1965/1966, pernah melakukan identifikasi terhadap mereka yang dibunuh ketika itu, mulai tempat, cara, hingga siapa saja yang membunuh.

Keberadaan sejumlah anggota Gerwani di Lubang Buaya itu pun masih penuh kabut. Beberapa peneliti justru tak melihat tindakan mereka sebagai usaha persiapan kudeta, melainkan dimaksudkan untuk memberi dukungan terhadap proyek politik Soekarno dalam rangka konfrontasi dengan Malaysia. Mereka adalah bagian dari 20 juta relawan yang hendak memenuhi ajakan Soekarno.

Sejumlah studi kritis mengungkapkan fakta-fakta lain, yang menunjukkan bahwa ofensif PKI justru dipicu oleh rencana kudeta oleh pihak militer. Dalam sebuah pledoi di muka Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub) pada 19 Februari 1966, pentolan PKI Nyono memberi kesaksian, bahwa pihak militer telah merancang rencana kudeta di bawah kendali apa yang dinamakan "Dewan Jenderal". Untuk mengimbangi kekuatan ini, PKI membuat "Dewan Revolusi".

Perihal Dewan Jenderal diketahui Nyono dari sejumlah informasi yang rinci, lengkap mendeskripsikan tanggal, jam, tempat, nama, acara, persoalan dan lain–lainnya. "Yang saya masih ingat," ungkap Nyono, "ialah bahwa tidak semua jenderal masuk dalam Dewan Jenderal. Jumlah anggotanya kurang lebih 40 Jenderal, diantaranya kurang lebih 25 orang aktif menjalankan politik Dewan Jenderal. Tokoh–tokoh utamanya ada tujuh orang yaitu Jenderal Nasution, A..Yani, Suparman, Haryono, Suprapto, Sutoyo, dan Sukendro."

Untuk mencapai ambisinya, mereka sering menggelar berbagai rapat. Terakhir, menurut ingatan Nyono, mereka mengadakan rapat pleno pada 21 September 1965 di Jl. Dr. Abdulrachman Saleh, Jakarta. Rapat yang dipimpin oleh Suparman dan Haryono ini, mensahkan rencana komposisi Kabinet Dewan Jenderal dan menetapkan waktu dilakukannya kudeta, yaitu sebelum Hari Angkatan Perang pada tanggal 5 Oktober 1965.

Komposisi kepemimpinannya, tambah Nyono, terdiri atas AH Nasution (Perdana Menteri), Ruslan Abdul Gani (Wakil Perdana Menteri), A. Yani (Menteri Pertahanan dan Keamanan), Suprapto (Menteri Dalam Negeri), Haryono (Menteri Luar Negeri), Sutoyo (Menteri Kehakiman) serta Suparman (Jaksa Agung).

Apapun, suara Nyono tenggelam di antara arus besar pembersihan orang-orang PKI dan catatan-catatan resmi yang bersumber dari pemerintah. Demikian pula hasil penelitian-penelitian forensik yang mencoba mengungkap sekitar kekejaman orang-orang PKI terhadap para perwira militer di Lubang Buaya itu. Penolakan sejumlah politikus untuk menghapus Tap MPRS Nomor 25/1966, ikut melestarikan cerita versi Orde Baru sebagai satu-satunya referensi sejarah sekitar peristiwa G-30-S PKI.

Ide penghapusan bukan hanya datang dari para peneliti, sejarawan dan masyarakat awam. Abdurrahman Wahid, presiden ke-4 Indonesia, sempat membicarakannya secara terbuka, walau mendapat kecaman dari sana-sini, termasuk dari Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi massa Islam terbesar di Indonesia yang pernah dipimpinnya. Mengikuti pembicaraannya, Wahid bahkan melontarkan permintaan maaf atas nama rakyat terhadap orang-orang PKI yang selama puluhan tahun disebut sebagai biang keladi pemberontakan.

Megawati Sukarnaputri, pengganti Wahid, tak pernah bertindak seperti itu. Tapi, di tahun 2002, ia tak hadir pada upacara 1 Oktober di Lubang Buaya. Apakah ini bentuk penolakan Megawati atas sejarah versi Orde Baru itu, tak pernah jelas. Tapi, sejatinya, ketidakhadiran Presiden dimungkinkan oleh protokoler negara sejak lahirnya Keputusan Presiden tentang perubahan nama peringatan: dari "Hari Kesaktian Pancasila" menjadi "Hari Mengenang Tragedi Nasional Akibat Pengkhianatan G-30-S PKI terhadap Pancasila".

Sekadar mengikuti peraturan? Menteri Pendidikan Nasional A. Malik Fadjar, yang ditunjuk ketua panitia pusat peringatan saat itu, mengatakan kepada pers bahwa absennya Megawati pada upacara tersebut karena ia tak ingin "membuka luka lama."

7 Keajaiban Simbiosis Hewan di Lautan

Posted: 22 Aug 2010 06:06 AM PDT

Evolusi -dengan pro kontranya- adalah sesuatu yang menakjubkan, tapi spesies-spesies yang secara bersama mengembangkan cara hidup saling melindungi, memberi makan, atau membersihkan pasangannya adalah suatu yang lebih spekatukler. Hiu berpasangan dengan ikan-ikan, ikan dengan udang, dan udang dengan ketimun laut (sea cucumber) dan masih banyak lagi. Inilah contoh hubungan simbiosis yang radikal dari kedalaman samudera di dunia.
1

1.Udang "cleaning-service" keliatannya bodoh, memanjat ke mulut belut laut yang tajam untuk mencari sisa-sisa makanan. Gambar-gambar di atas seperti melukiskan keberanian udang udang seaat sebelum ajalnya tiba karena dilahap belut laut, tapi sesungguhnya semua ini menunjukkan tradisi purba mereka yaitu bersih-bersih. Lagipula udang ini sudah terbiasa mencari belut laut dan ikan-ikan untuk memakan parasit-parasit di mulut mereka: mereka berkumpul di "stasiun kebersihan" dalam jumlah yang banyak. Oh, ya, kalo Anda mencari dokter gigi alternatif, sepertinya mereka bahkan sanggup pula membersihkan mulut Anda.


2.Kepiting boxing, hermit, dan jenis-jenis kepiting lainnya diketahui berteman dengan keuntungan yang aneh pada bermacam-macam spesies anemones laut bersengat. (anemones=invertebrata laut yang hidup menempel di karang). Kepiting boxing (paling atas) bergantung pada anemones dan memegang erat padanya, menjadikannya terlindungi dari predator yang mengancam. Beberapa kepiting hermit (bawah) memanggul anemones dan menempelkannya ke cangkangnya dengan tujuan menghalangi musuh-musuhnya. Hubungan ini berjalan dua arah: anemones dapat memperoleh banyak makanan karena berpindah-pindah tempat.


3.Pada gambar di bawah seekor ikan berbintik hidup bersama udang bercangkang : kayak cerita binatang buat anak-anak. Keduanya menjalani hidup bersama dan saling mengisi. Mereka menempati lubang bersama, digali oleh udang dan dilindungi oleh ikannya. Udang yang relatif tidak bisa melihat ini mempercayakan penglihatan tajam sang ikan pasangannya sebagai penjaganya dan memberi tanda padanya saat aman untuk bergerak. Ikan-ikan ini sebaliknya mengharapkan lubang yang digali oleh udang ini untuk dijadikan tempat berlindung dan istirahat yang nyaman.


4.Hiu sepertinya merupakan sekutu yang paling tidak disukai di lautan: besar, cepat, ganas, dan predator yang kejam - lalu kenapa mereka demikian toleran dengan ikan remore yang menggunakan perekat yang aneh untuk menempel pada perut hiu. Awalnya dianggap sebagai satu jenis hubungan commensalism - hubungan yang hanya menguntungkan satu pihak saja - tapi belakangan diketahui bahwa remora tidak hanya memunguti sisa-sisa makanan hiu tapi juga membersihkan parasit-parasit dari tubuh sisi bawah hiu.


5.Anglerfish adalah salah satu ikan dengan tampang paling buruk dan penghuni laut dalam yang luar biasa, mengail korban dengan pancingnya dan memasukkannya ke dalam mulut bergiginya yang menganga lebar. Untuk menarik mangsanya ikan buruk rupa ini menggunakan cahaya di kepalanya, yang ternyata adalah jutaaan bakteri yang bercahaya yang menempel di tonjolan mirip mata kail di kepalanya. Ikan-kan kecil yang tertarik dengan cahaya tersebut akan mendekatinya dan menjadi mangsanya. Sebagai catatan: Anglefish jantan punya cara unik untuk membuat sang betina tahu bahwa dialah ayah dari calon bayinya. Lalu sang jantan akan tinggal di atas betinanya sebagai parasit. Selanjutnya mereka bersama menjadi pasangan hermaphrodite dan punya anak


6.Weh, ini udang lagi? Begitulah, keluarga udang adalah salah satu yang lebih diuntungkan daripada pasangannya dari hubungan simbiotik ini. Meski bukan parasit, tidak ada untungya ditunggangi udang di punggungnya. Pembonceng-pembonceng ini dapat ditemui di atas makhluk-makhluk yang lebih besar dan bergerak lebih cepat termasuk nudibranchs dan ketimun laut (sea cucumber). Mereka menggantung dan memunguti sisa-sisa makanan ketika tunggangan mereka bergerak di dalam laut.


7.Ikan badut (clownfish) sepertinya menjadi satu-satunya spesies yang tahan terhadap efek racun dari anemones laut, bergerak bebas di dalamnya. Anemones akan melindungi ikan badut ini dan mereka akan memakan sisa-sisa yang ditinggalkan ikan ini termasuk copepods, isopods dan zooplankton. Ikan badut juga akan melindungi teritorinya dengan ganas, menjaga anemones miliknya.


10 Diktator Terkenal Dari Berbagai Negara

Posted: 22 Aug 2010 06:04 AM PDT

1. RAMSES II / FIR'AUN (MESIR KUNO):

Untuk nomor satu, kami mengambil dari dua kitab suci (Al Quran dan Al Kitab). Memang sosok Firaun sangat special bagi siapapun. Terlebih kalau menyangkut keangkuhannya semasa era Nabi Musa AS. Bahkan ia dengan sombongnya mengaku sebagai Tuhan yang juga merupakan keturunan langsung dari Dewa Matahari. Apapun klaimnya tentang diri sendiri, Firaun akhirnya malah tewas tenggelam saat mengejar Nabi Musa AS bersama bala tentaranya di laut merah. Jasadnya kemudian diselamatkan oleh Tuhan YME, sesuai bunyi dalam ayat Al Quran, surat Yunus ayat 90 yang berbunyi: "Pada hari ini kami selamatkan badanmu, supaya kamu bisa jadi pelajaran bagi orang-orang sesudahmu di masa mendatang."

2. ADOLF HITLER (JERMAN):

Salah satu sosok special sekaligus paling banyak diminati oleh masyarakat dunia. Lahir dari ayah seorang Yahudi, dimana setelah dewasa ia bertekad untuk memusnahkan bangsa Yahudi di Jerman melalui partai Nazi-nya. Namun setelah ia terjebak dan mendekati kekalahan, akhirnya ia memutuskan untuk bunuh diri bersama istrinya di sebuah ruang bawah tanah.

3. MEGATRON / GALVATRON (DECEPTICONS):

haxims.blogspot.com

Kami melawak ya? Tidak, inilah merupakan satu-satunya diktator fiksi yang masuk dalam daftar kami. Majalah Wizard menempatkan ia sebagai diktator legendaris dunia di posisi 68. Segala kejahatannya akan sangat mengacaukan dan menyengsarakan rakyat seluruh dunia, jika seandainya ia ada di alam nyata. Syukurlah, ia cuma ada di dongeng…


4. SADDAM HUSSEIN (IRAK):

haxims.blogspot.com

Kami akan mengambil referensi dari buku Sejarah Islam Dunia. Dalam buku tersebut, mungkin Saddam Hussein adalah seorang kepala negara Muslim yang suka membunuh rakyatnya sendiri. Perseteruan abadinya dengan Ayatollah Khomeini dari Iran di awal 1980-an hingga memunculkan krisis minyak dan Perang Teluk akibat ulahnya sendiri. Hancur lebur di 2003 setelah digempur pasukan PBB yang berada dibawah komando Amerika Serikat dan Arab Saudi, hingga akhirnya ia dieksekusi mati pada Idul Adha 2005.

5. BENITO MUSOLINI (ITALIA):

haxims.blogspot.com

Inilah Italiano yang sukses lewat paham Fasisme-nya di Italia dan beberapa negara sahabatnya seperti Austria saat PD II lalu. Bersekongkol dengan Adolf Hitler, nyaris menundukan seluruh Eropa sebelum akhirnya dikalahkan oleh pasukan AS, hingga akhirnya Italia malah berbalik mendukung blok sekutu dan mengkhianati Jerman.

6. SLOBODAN MILOSEVIC (YUGOSLAVIA):


Diktator kejam asal Serbia ini telah membantai jutaan warga Muslim Kosovo. Ia juga sempat membumi hanguskan Bosnia Herzegovina dan membuat beberapa kejahatan internasional. Akhirnya ia dihukum mati oleh pengadilan internasional, dan menjadi catatan kelam bagi orang Yugoslavia ini.

7. SOEHARTO (INDONESIA):

haxims.blogspot.com

Kami akui memang berlebih untuk mantan presiden RI kedua ini. Namun jujur saja, ketika era Soeharto berkuasa di Indonesia, semua unsur kebebasan sangat dibatasi oleh pria yang mengklaim diri sebagai Bapak Pembangunan ini. Bahkan parpol saja hanya dibatasi tiga buah, pers dilarang berbuat banyak, juga berbagai penculikan kepada para aktivis kebenaran, jika ada yang berani melawannya. Wafat di usia 86 tahun pada 27 Januari 2008 lalu.


8. JOSEPH STALIN (UNI SOVIET):

haxims.blogspot.com

Pakar komunis Uni Soviet ini sukses membinasakan jutaan orang tidak berdosa demi penyatuan menjadi sebuah negara komunis super power bernama USSR. Sayangnya setelah ia wafat, cita-citanya yaitu membuat dunia menjadi komunis ini tidak kesampaian. USSR bubar di akhir 1990, dan kemudian warisannya hanya bisa dinikmati sekarang dengan nama Rusia.

9. HERMAN WILLEM DAENDELS (HINDIA BELANDA):

haxims.blogspot.com

Inilah gubernur jenderal Belanda paling bengis ketika memerintah di Indonesia. Mengorbankan rakyat jelata demi pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan yang kini kita bisa nikmati kalau pulang mudik ke kampong halaman. Ironisnya, mungkin ia jugalah yang mengajarkan korupsi untuk bangsa Indonesia. Ia rakus akan uang, sehingga projek pembangunan tersebut malah tersendat, dan kemudian dipanggil pulang ke Belanda dan digantikan oleh gubernur jenderal Janssens.

10. KAISAR HIROHITO (JEPANG):

haxims.blogspot.com

Bagi sebagian orang, ia adalah aktor utama keterlibatan Jepang dalam PD II. Namun justru karena ulah ia sendiri, Jepang harus rela kehilangan dua kota, Hiroshima dan Nagasaki ketika di bom atom oleh sekutu. Akhirnya ia menyerah hanya beberapa hari sebelum Indonesia merdeka.

Nah semua diktator diatas bisa menjadi pelajaran sejarah berharga bagi kita semua agar tidak mengikuti tindakannya yang jauh dari unsur perdamaian. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua.

Raul Lemoss Meremas & Cium Toket KD di Depan Wartawan

Posted: 22 Aug 2010 06:03 AM PDT


Pasangan artis Krisdayanti (KD) dan pengusaha asal Timor Leste Raul Lemos selalu menarik untuk disimak dan menuai kontroversi. Setelah sebelumnya mereka berdua menghebohkan jagad dunia hiburan terkait tayangan ciumannya di beberapa siaran infotainment, kali ini beredar foto KD-Raul Lemos sedang melakukan adegan panas.

Dalam foto tersebut terlihat Raul Lemos dan Krisdayanti sedang melakukan konferensi pers di sebuah restoran. Yang membuat mata terbelalak, payudara mantan istri dari penyanyi Anang tersebut diciumi oleh Raul Lemos.

Terlihat suami sah dari Ata itu sedang berupaya memegang buah dada Krisdayanti untuk kemudian menciuminya. Seakan tidak menghiraukan sorotan kamera para pemburu berita, keduanya tampak asyik bermesraan.

Begitu pula adik dari Yuni Shara tersebut, seolah merasa tidak risih bagian penting kewanitaannya disentuh oleh Raul Lemos.

Foto-foto Unik dari Dunia Olahraga

Posted: 22 Aug 2010 05:59 AM PDT








































Thaumoctopus Mimicus, Spesies Gurita Indonesia Yang Penuh Misteri

Posted: 22 Aug 2010 05:58 AM PDT

The Indonesian Mimic Octopus, Thaumoctopus Mimicus. Ini dia, satu-satunya spesies gurita yang hidup di Indonesia yang masih menjadi misteri oleh banyak para ahli dari seluruh penjuru dunia. Apa sih yang membuat para ahli dan peneliti dunia penasaran dengan spesies satu ini?

Bayangkan, spesies gurita ini bisa berkamuflase alias meniru setidaknya 15 hewan laut yang beda jenisnya. Yuk, mari kita mengenal lebih dekat lagi dengan gurita ini.

Beberapa hewan, khususnya beberapa jenis burung dan ikan, dikenal mampu untuk mengubah warna guna menarik pasangan atau untuk menutupi diri dan untuk melindunginya terhadap predator.

Spesies gurita yang hidup di indonesia ini, pertama kali diidentifikasi pada tahun 1998, dan hingga kini satu-satunya spesies yang membuat penasaran para peneliti dari seluruh penjuru dunia karena kemampuannya.

Pertama kali diamati oleh Mark Norman, Julian Finn, dan Tom Tregenza yang merupakan peneliti kelautan akan fenomena penyamaran yang luar biasa yang dimiliki oleh spesies ini selama periode 24 jam. Para peneliti memotret gurita dalam banyak tahapan, seperti foto-foto yang ditampilkan di bawah ini.

Di sini ditunjukkan, gurita ini mencari makanan dengn menggunakan ujung lengannya untuk menggali lubang dan dari lengan mereka dapat menjebak apa pun yang mencoba melarikan diri. Hampir seperti menggali dengan ujung jari dan tangan yang lainnya menggenggam.


Ketika bergerak, gurita ini menarik lengannya bersama-sama ke dalam sehingga membentuk seperti daun.


Di foto ini, tampak gurita sedang meniru salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan yang sama.


Di sini terlihat gurita sedang berenang menyerupai lion fish.

Kadang-kadang dapat menyerupai ikan dengan duri "beracun" seperti yang terlihat pada gambar ini. (pada lion fish duri-durinya sangat mengandung racun, namun tidak dengan gurita ini, ia hanya meniru tampilan dan gerakan-gerakan dari lion fish saja untuk tujuan perlindungan.)


Dalam dua foto diatas ini, gurita meniru secara total ular laut. Mark Norman dan rekan-rekan peneliti telah memasukkan beberapa video singkat mengenai gurita yang menjadi subjek dalam penelitian mereka. Berikut adalah salah satu yang telah di upload ke youtube oleh anggota Marcelnad.

Ada dua hal yang sangat mencolok dari karakter laut ini, yaitu spesies gurita indonesia. Salah satunya adalah bahwa dari 15 spesies kehidupan laut diperairan ini cenderung belum pernah diamati oleh gurita ini, dan yang lain adalah bahwa ketika menghadapi pemangsa, gurita yang akan menjadi pemangsa predator paling menakutkan.

Bagaimana gurita ini bisa tahu dan bisa meniru hewan lain yang belum pernah ia jumpai dan amati? Dan bagaimana ia bisa tahu apa yang paling ditakuti oleh pemangsanya sendiri? Jawabannya hingga kini belum diketahui secara pasti.

Yang diketahui hanyalah bahwa spesies gurita Indonesia ini akan menjadi subjek penelitian untuk waktu yang lama. Teknologi apa yang digunakan hingga gurita tersebut mampu meniru? Hingga kini masih misterius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grasi Syaukani Dicurigai untuk Tutupi Isu Remisi Aulia

Posted: 22 Aug 2010 05:16 AM PDT

Aulia Pohan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor

JAKARTA - Staf Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Donal Fariz mensinyalir pemberian grasi kepada mantan Bupati Kartanegara Syaukani Hassan Rais dilakukan untuk menutupi isu remisi atas mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Aulia Tantowi Pohan.

"Jangan-jangan ini politik pengalihan isu karena publik lebih merespon pemberian grasi pada Syaukani daripada pemberian remisi terhadap orang dekat Istana," kata Donal kepada wartawan di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, (22/8/2010).

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden No 7/G tahun 2010 yang memuat pengampunan Syaukani dengan potongan masa pidana tiga tahun.

Sementara, remisi bagi Aulia Pohan yang juga besan Yudhoyono keluar tanggal 18 Agustus. Aulia yang menjadi terpidana korupsi aliran dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) bebas bersyarat setelah menjalani dua pertiga hukuman penjara dari vonis tiga setengah tahun yang diputus di tingkat kasasi.

"Padahal remisi ini mencurigakan dan menemukan keganjalan dalam prosesnya," tutupnya.

Pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar membantah kabar yang menyebut remisi terhadap Aulia diberikan atas intervensi Istana. Pihaknya menegaskan pemberian remisi dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

Ratna Listy Tidak Suka Dunia Politik

Posted: 22 Aug 2010 05:15 AM PDT

Detail Berita
Ratna Listy
JAKARTA - Ratna Listy tak suka dunia politik. Sampai hari ini, dia masih konsisten melestarikan musik keroncong.

"Saya enggak suka politik. Kalau saya niat untuk berkenalan pun (dunia politik) enggak ada," kata dia ditemui di Galeri Nasional, Jakarta, belum lama ini.

Penegasan ini dilontarkan Ratna melihat banyaknya artis yang maju ke kancah Pemilukada di berbagai daerah di Indonesia. Dia pun termasuk salah satu artis yang mendapat tawaran untuk maju ke Pemilukada di kota kelahirannya, Madiun.

"Yah, alasannya karena aku publik figur. Karena dengan itu mereka punya knas untuk meraih banyak suara," ujarnya.

Selain itu, Ratna mengatakan dia juga dinilai memiliki citra positif. Ratna Listy memiliki acara sosial yang mengena di hati masyarakat.

"Jadi sebenarnya banyak hal yang menurut mereka masuk akal jika aku menjadi calon. Tapi ya karena emang aku enggak suka," tegasnya.

Ratna mengatakan untuk terjun ke dalam bidang baru tidak boleh asal. Semua harus ditekuni, jika memang ingin sukses ke depannya.

"Tapi kalau enggak cinta gimana mau berhasil? Sementara kalau mau duduk di kursi pemerintahan kan membawa amanat rakyat," tandasnya.

Menurut Ratna, orang yang sudah menggeluti dunia politik sejak usia muda saja bisa babak belur. Apalagi dirinya yang benar-benar beranjak dari nol untuk terjun ke Pemilukada.

"Mereka yang nawari aku akan menyediakan training untuk aku belajar politik secara kilat, tapi sekali lagi saya mohon maaf kalau itu bukan bidang saya," tegasnya.

Masih ada bidang lain bagi Ratna untuk mengabdi dan berbakti kepada negara. "Saya akan memberikannya lewat bidang lain, yaitu seni," ujarnya.

Denny Indrayana Didesak Mundur dari Satgas

Posted: 22 Aug 2010 05:13 AM PDT

Denny Indrayana

JAKARTA - Petisi 28 mendesak Denny Indrayana untuk mundur dari posisi Sekretaris Satgas Mafia Hukum. Ini dilakukan karena Denny tidak konsisten terhadap pemberantasan korupsi.

Ini diungkapkan Tim hukum Petisi 28, Ahmad Suryono, saat memberikan keterangan pers di Doekoen Koffie, Pancoran, Jakarta, Minggu (22/8/2010).

"Waktu menjengguk terpidana korupsi Syaukani Hasan R, dia (Denny) mengatasnamakan Satgas mafia hukum. Sedangkan pekerjaan dia untuk menegakan hukum, secara tidak langsung sudah membunuh penegakan hukum," kata Ahmad.

Ahmad juga menilai, Deny hanya mementingkan citra dirinya ketimbang penegakan hukum di Indonesia.

"Kami meminta ke Deny untuk mundur dari satgas dan stafsus presiden dan balik ke kampus. Karena di satu sisi dia menyidak, dan di sisi lain dia beri grasi, ini yang tidak bisa diterima," tegasnya.

Sementara itu, dengan pemberian grasi terhadap terpidana koruptor Ahmad menuding presiden justeru mendukung korupsi.

"Patut diduga sebenarnya justru presiden sendiri yang prokorupsi dan kontra terhadap pemberantasan korupsi," tuturnya

Ratna Listy Tolak Tawaran Nyalon Kepala Daerah

Posted: 22 Aug 2010 05:07 AM PDT

Detail Berita
Ratna Listy
JAKARTA - Ratna Listy menolak tawaran calon kepala daerah yang datang kepadanya. Padahal suaminya mendukung untuk terjun ke dunia politik.

"Sebenarnya suami malah mendukung, tapi akunya saja enggak mau. Mungkin nanti 10 tahun lagi atau 15 tahun lagi. Tidak menutup kemungkinan loh ya, tapi itu suamiku yang bilang. Aku sih enggak mau," paparnya saat berbincang di Galeri Nasional, Jakarta, belum lama ini.

Sewaktu ditawari, Ratna tidak langsung menolak. Dia lebih memilih untuk berpikir dahulu atau mengatakan ingin kompromi dengan suami.

"Yah, aku enggak langsung menolak. Karena takut mengecewakan nanti," kata dia.

Ratna sudah dilamar oleh tiga partai besar untuk maju menjadi walikota Madiun. Bahkan ada yang datang memohon-mohon agar dia mau maju, dengan alasan karena Ratna adalah putra daerah yang punya kemampuan membangun daerah.

"Tahun lalu ada yang minta. Untuk tahun-tahun ini ada jug ayang minta untuk tahun 2014. Saya hanya bilang terima kasih. Kalau saya dianggap pantas dan punya potensi untuk memajukan daerah dan dianggap bisa membawa kota Madiun lebih maju. Tapi saya bilang, itu bukan bidang saya," paparnya.

Ratna tidak ingin memaksakan diri untuk menggeluti sesuatu yang bukan bidangnya. Dia jujur mengatakan takut mengecewakan.

"Jadi saya tolak secara halus lamaran mereka," tukasnya.

Ratna diminta menjadi walikota. Ada juga yang memintanya menjadi wakil walikota, dengan alasan jadi wakil dulu baru nanti di 2014 jadi walikota.

Bahkan Ratna diiming-imingi tak perlu mengeluarkan biaya. Semua sudah diback up, katanya.

"tapi bagaimana mau berpolitik, kita harus punya kemampuan, punya basic, punya duit banyak. Kalau enggak, yah enggak bisa. Dan itu memang bukan bidangku," tegasnya.

Tyas Mirasih Ikhlaskan Kepergian Ayahnya

Posted: 22 Aug 2010 05:07 AM PDT

Detail Berita
Tyas Mirasih-Tria 'Changcuters'
JAKARTA - Tyas Mirasih terlihat tegar melepas kepergian ayahnya Surman Widiatmo kembali kepada Sang Pencipta. Ayahandanya meninggal pada pukul 19.20 WIB, Sabtu, 21 Agustus 2010.

"Enggak (syok), karena sudah tahu pas papa sakit. Kadang-kadang pas lihat segala macam, kita enggak tega. Terus dalam hati itu ngomong, ya sudah deh pa. Kalau mau pergi enggak apa-apa, sudah ikhlas," papar Tyas saat ditemui wartawan usai pemakaman di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2010).

Bintang Air Terjun Pengantin ini sebenarnya sudah merasakan hal-hal tentang kepergian ayahnya. Apalagi sejak Jumat kondisi ayahnya sudah drop.

"Syok sih enggak, karena sudah ikhlas," ujarnya.

Tyas mengatakan ayahnya sakit kanker liver sejak dua bulan lalu. Sempat dirawat satu bulan di rumah sakit, namun akhirnya keluarga memutuskan membawa pulang dan di rawat di rumah.

"Iya, karena umurnya sudah tua. Stadiumnya sudah stadium tinggi. Memang sudah enggak ada pengobatan lagi, akhirnya kemarin pukul 19.20 WIB papa meninggal," tuturnya.

Tidak ada pesan apa-apa yang ditinggalkan ayahnya, karena sudah koma. Sejak Jumat, kata Tyas, ayahnya sudah tidak sadar.

"Ngomong sama siapa juga sudah enggak sadar, tapi karena sakitnya sudah lama, dokter juga bilang, sudahlah. Relakan saja, karena kan kalau kanker itu menggerogoti seluruh tubuh ya. Jadi kan kasihan," urainya.

Tyas Mirasih Diingatkan Ayahnya Jangan Suka Boros

Posted: 22 Aug 2010 05:06 AM PDT

Detail Berita
Tyas Mirasih-Tria 'Changcuters'
JAKARTA - Meskipun tidak ada pesan apa-apa, namun Tyas Mirasih ingat apa yang dikatakan ayahnya., bahwa Tyas jangan suka boros.

"Kemarin terakhir sampai bilang Jangan suka boros. Sudah, gitu aja," ungkap Tyas yang didampingi Tria 'Changcuters' di TPU Tanah Kusir, Minggu (22/8/2010) siang.

Dia mengatakan pemikiran ayahnya sangat old school. Namun itulah uniknya, karena perbedaan usianya dengan sang ayah jauh sekali.

"Papa itu cara berpikirnya masih zaman dulu. Kadang-kadang suka selayaknya sama anaklah, suka banyak petuah-petuah," kata dia.

Tria menambahkan pesan ayahnya Tyas itu bermaksud meminta anaknya untuk mandiri. Dia pun mengenal ayahnya Tyas sebagai orang yang pintar.

"Jadi ngomongnya keren, pintar, cerdas. Buat saya seperti kerenlah om," pujinya kepada almarhum Surman Widiatmo.

Tyas mengatakan ayahnya suka bercanda dan meledeknya. Sedangkan Tria suka mendengarkan cerita masa silam yang masih dikenang almarhum.

Namun masih ada cita-cita yang belum dilaksanakan Tyas dan ini adalah keinginan ayahnya. Meskipun jarang diungkapkan, tapi Tyas tahu apa yang diinginkan ayahnya dari dirinya.

"Sekolah deh, dia kan inginnya aku terusin kuliah. Tapi memang enggak pernah bilang sih," pungkasnya.

Luna Maya Hadir di Pemakaman Ayah Tyas Mirasih

Posted: 22 Aug 2010 05:04 AM PDT

Detail Berita
Luna Maya
JAKARTA - Lama tak terlihat, Luna Maya tampak hadir dalam prosesi pemakaman ayahanda tyas mirasih, Surman Widiatmo.

Luna datang dengan kerudung warna abu-abu, baju hitam dengan bawahan jeans biru ke TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2010).

Sayangnya, wartawan tidak bisa mendekati Luna yang berada di lokasi prosesi pemakaman. Pasalnya, dari pihak keluarga besar Tyas Mirasih tidak memperkenankan wartawan untuk memasuki taman makam.

"Mohon ya jangan diliput, kita gak mau dipertontonkan, karena keinginan bapak seperti itu," pinta salah satu keluarga pada wartawan.

Ayahanda kekasih Tria 'Changcuters' ini wafat Sabtu, 21 Agustus 2010 malam. Surman Widiatmo sudah lama diketahui menderita sakit hepatitis.

Selain Luna, juga hadir Alex Abad, Eep Saepuloh Fatah beserta istrinya Sandrina Malakiano, untuk turut memberikan penghormatan terakhir pada almarhum.

SBY Buka Puasa Bersama Elit Demokrat di Cikeas

Posted: 22 Aug 2010 05:02 AM PDT

JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menggelar acara buka puasa bersama elit partai Demokrat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan okezone, tampak hadir Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, anggota Dewan Pembina Marzuki Alie, Andi Malarangeng termasuk Syarifuddin Hassan, Freddy Numberi dan EE Mangindaan, anggota Kabinet Indonesia Bersatu II.

Acara ini dibuka dengan sambutan Anas Urbaningrum sekira pukul 16.30 WIB, Minggu (22/8/2010). Dalam pengantarnya, Anas berharap Fraksi Demokrat tetap menjalankan fungsinya untuk mendukung kebijakan yang diambil pemerintah.

"Mampu berpuasa dari hal-hal yang tidak penting termasuk menghindarkan diri dari pernyataan yang bisa disalah pahami," kata Anas.

SBY sendiri tampak mengenakan batik berwarna hijau didampingi istrinya Ani Yudhoyono dan putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono.

ICW: Hukuman Pemiskinan Koruptor Punya Efek Jera

Posted: 22 Aug 2010 04:58 AM PDT

JAKARTA - Hukuman pidana penjara termasuk denda dan uang pengganti bagi terpidana korupsi dinilai belum memberi efek jera. Meski wacana hukuman mati bagi koruptor sempat mengemuka, Indonesia Corruption Watch (ICW) memiliki konsep tersendiri, yakni memiskinkan koruptor.

Staf Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Donal Fariz menjelaskan, saat ini Indonesia masih dalam tahap mengkaji hukuman yang pas agar pelaku tindak pidana korupsi jera. "Saya tertarik dengan konsep pemiskinan. Kalau yang ada sekarang adalah pengampunan dan pengembalian uang negara maka itu masih ada celah masuknya korupsi," kata Donal di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, (22/8/2010).

Akan tetapi, wacana ini butuh kajian mendalam agar dalam praktiknya tidak menabrak aturan lain. "Kita tidak ingin memperdebatkan hukuman mati tetapi bagaimana mendesain konsep memberi efek jera terhadap koruptor," tegasnya.

ICW sendiri menyesalkan sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bermurah hati memberikan grasi kepada mantan Bupati Kutai Kartanegara Syaukani Hassan Rais termasuk pemberian remisi bagi 341 koruptor di Indonesia.

"Pesan moral kita kepada DPR dan pemerintah khususnya presiden jangan seenaknya mengobral pengurangan dan pengampunan pada koruptor," tandasnya.

Dua Saluran Serotonin

Posted: 22 Aug 2010 12:52 AM PDT

Sebagian banyak orang beranggapan bahwa obesitas terjadi akibat kesalahan konsumsi makan yang melebihi batas kemampuan seseorang. Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, San Francisco, baru-baru ini menyebutkan bahwa usaha menambah berat badan tak selalu berarti dilakukan dengan peningkatan jumlah makanan yang dikonsumsi. Namun kadangkala diperlukan sesuatu, seperti obat-obatan atau nutrisi lain, yang bisa membantu mengontrol berat badan.

Dalam penjelasannya di Jurnal Cell Metabolism, para peneliti tersebut mengatakan bahwa serotonin, yang diketahui berfungsi sebagai pengontrol nafsu makan dan penambahan lemak, sebenarnya memiliki dua saluran 'sinyal' yang berbeda.

Satu set saluran sinyal itu mengatur nafsu makan dan yang lain pengontrol penyimpanan lemak. Sinyal yang diterima oleh masing-masing saluran tersebut dikontrol oleh neuron di otak, yang menginstruksi tubuh untuk membakar makanan atau menyimpan lemak.

Jika mekanisme dalam saluran itu digambarkan, sasaran obat-obatan penurun berat badan itu ditujukan lebih pada saluran pengurangan lemak dan bukan mengurangi rasa lapar, yang pada kenyataannya jarang berhasil.

Hal itu bukan berarti bahwa pemberian makanan tak penting. Kontrol lemak yang dimiliki oleh serotonin itu berbeda dengan pemberian makanan. Strategi pengurangan berat badan hanya berfokus pada makanan yang boleh Anda konsumsi. Itulah sebabnya kenapa usaha untuk diet seringkali gagal.

Penemuan itu tak melawan pandangan bahwa rasa lapar, nafsu makan dan kegemukan adalah saling terhubung di bawah pengaruh serotonin dan pengirim sinyal yang lain, yang terhubung dengan neuron yang ada di otak. Namun penemuan itu menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lainnya.

Beberapa obat penurun berat badan telah dikembangkan untuk meningkatkan jumlah serotonin, sehingga menekan nafsu makan. Namun hal itu malah menimbulkan masalah. Obat-obatan tersebut ditujukan untuk memblokir jalur sinyal pengurangan lemak yang terpisah di otak, yang sebenarnya berguna untuk mengontrol kegemukan, penyakit diabetes tipe 2, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan lain-lain.

Obesitas dan problema terlalu kurus tak semata-mata disebabkan oleh pola makan. Namun lebih dari itu, pola makan dan pengontrolan lemak juga diatur oleh sistem syaraf lain yang berfungsi untuk merespon adanya ketersediaan nutrisi dalam tubuh.

Dosa-dosa Kafein

Posted: 22 Aug 2010 12:50 AM PDT

Mungkin Anda termasuk orang yang gemar minum minuman berkafein seperti kopi, teh maupun minuman energi lainnya. Kafein memang merupakan zat yang menimbulkan banyak manfaat misalnya menekan rasa kantuk, mengurangi rasa bosan, meningkatkan semangat saat bekerja, serta meningkatkan kewaspadaan sehingga baik dikonsumsi terutama untuk aktivitas menyetir jarak jauh, bekerja di waktu malam maupun bekerja dengan mesin pabrikan. Dalam kasus-kasus di atas, boleh dibilang kafein telah menjadi 'penyelamat hidup' karena dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja dengan mesin pabrikan maupun kecelakaan lalu lintas karena mengantuk.

Namun saat ini fungsi kafein sudah sering disalahgunakan bahkan dikonsumsi secara berlebih. Padahal kafein itu merupakan suatu zat kimia yang memiliki efek sangat banyak dan kuat dalam beberapa sistem tubuh, sehingga perlu mendapat perhatian tersendiri. Dengan demikian ada baiknya konsumsi minuman berkafein harus sudah mulai dibatasi, jangan dijadikan rutinitas. Ada beberapa hal terkait efek dari kafein tersebut bagi kesehatan yang perlu Anda pertimbangkan sebagai berikut;

  • Penggunaan berlebih dan dalam jangka waktu lama dari kafein akan mengganggu pola tidur Anda baik berupa insomnia (tidur tidak nyenyak) maupun justru kebanyakan tidur dan mudah mengantuk apabila tidak minum kafein. Efek ini ditimbulkan melalui blokade reseptor adenosine yang berfungsi dalam pengaturan proses tidur. Hal ini bisa jadi merupakan efek samping dari kopi yang bersifat candu sehingga memiliki reaksi withdrawal ( reaksi kebalikan) ketika tubuh sedang tidak minum kafein.
  • Kafein memiliki efek diuresis (menimbulkan banyak kencing) sehingga potensial untuk menimbulkan dehidrasi bagi beberapa orang yang sering bekerja keras hingga berkeringat banyak atau berada dalam lingkungan kerja panas dan lembab
  • Kafein meningkatkan sekresi asam lambung dan pepsin sehingga seringkali menjadi biang keladi serangan maag bagi mereka yang rentan.
  • Kafein apalagi bersamaan dengan rokok akan melemahkan katup bawah dari kerongkongan (lower sphincter of oesophagus) sehingga katup tersebut sering tidak dapat menutup dengan sempurna. Akibatnya cairan lambung yang asam seringkali dimuntahkan kembali ke dalam kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada daerah dada yang seringkali berulang (heartburn). Jadi kafein dan rokok merupakan penyebab tersering dari kasus Gastro Eosophageal Reflux Disease (GERD) semacam demikian yang dalam waktu lanjut jika tidak ditangani akan berakibat peradangan kronik dari kerongkongan bagian bawah yang dapat berakibat timbulkan kanker esophagus.
  • Kafein diduga dapat meningkatkan sedikit kadar gula darah sehingga penderita diabetes dan kegemukan hendaknya berhati-hati dan membatasi konsumsi senyawa kafein ini.
  • Kafein meningkatkan kadar plasma darah dari asam lemak bebas, adrenalin dan kortisol, suatu keadaan yang sebenarnya akan mendukung performa seorang atlet. Tapi jika Anda bukan seorang atlit, maka peningkatan senyawa-senyawa tersebut akan membuat masalah tersendiri. Misalnya peningkatan adrenalin akan memacu persarafan simpatis Anda sehingga akan dirasakan jantung menjadi berdebar-debar, pikiran melompat-lompat, panas tubuh meningkat serta berkeringat. Aktivitas simpatis berlebih sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau serangan jantung sebelumnya.
  • Kafein dapat memicu munculnya serangan sakit kepala migren pada individu yang rentan
  • Kafein terbukti dapat meningkatkan jumlah kejadian maupun derajat gangguan premenstrual syndrome (PMS) pada sepertiga wanita. Jika konsumsi kafein menjadi rutinitas selama 10 hari atau lebih maka resiko kejadian ini menjadi 7 kali lipat lebih tinggi daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. Beberapa masalah infertilitas pada wanita juga diduga berkaitan dengan konsumsi kafein yang berlebih.
  • Kafein dalam jumlah kecil, misalnya 3 gelas kopi atau kurang per hari, relatif aman dikonsumsi setiap hari saat hamil. Tetapi jika jumlahnya melebihi ini, resiko aborsi dan kelahiran premature dilaporkan meningkat nyata. Sebaiknya wanita hamil muda hingga usia kehamilan 3 bulan pantang kafein terlebih dulu mengingat masa ini merupakan masa krusial bagi pembentukan organ-organ janin serta juga seringnya mual-mual (morning sickness) yang dialami wanita hamil selama masa ini. Kafein sendiri seperti yang telah disebutkan akan meningkatkan asam lambung sehingga akan membuat rasa mual semakin berat.
  • Mereka yang memiliki pribadi pencemas (anxietas) sebaiknya menghindari kafein karena kafein akan semakin memacu kecemasan sehingga ia menjadi semakin gelisah, sulit tidur, tangannya basah karena keringat dingin dan jantung berdebar-debar.
  • Dibandingkan rokok maupun alkohol, resiko kafein untuk menimbulkan penyakit jantung koroner maupun stroke terbilang kurang bermakna. Namun dalam jumlah kafein setara 8 gelas kopi atau lebih dalam sehari potensial mengganggu irama jantung.
  • Tampaknya kafein tidak banyak bertanggung jawab dalam berbagai kasus kanker, walaupun beberapa laporan pernah menuding efek karsinogenik dan mutagenik dari kafein.
  • Bagi wanita, terutama post menopause, ingatlah bahwa kafein merupakan musuh besar bagi tulang Anda! Sudah banyak laporan ilmiah yang menyebutkan efek kafein terhadap kejadian osteoporosis atau keropos tulang. Kafein bersifat menarik cadangan mineral kalsium dari tulang sehingga tulang menjadi keropos.
  • Reaksi withdrawal adalah hal yang sering dialami bagi peminum kafein rutin. Reaksi withdrawal akan memuncak pada hari ke-2 setelah tidak minum kafein dan baru hilang setelah hari ke-3. Ada banyak jenis reaksi withdrawal yang mungkin tidak sama dari orang ke orang seperti timbulnya sakit kepala berdenyut semacam migren, kecemasan berlebih, mengantuk dan tidur berlebih, tidur tidak nyenyak, lemas, dan lekas marah. Hal ini terjadi karena otak peminum kafein rutin sudah beradaptasi dengan tingkat metabolisme yang lebih tinggi, sehingga ketika pasokan kafein berkurang maka otak pun bereaksi akibat merasa metabolisme nya turun.
  • Kafein seperti terkandung dalam green tea secara umum akan meningkatkan metabolisme basal sel-sel tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Bagi mereka yang memiliki berat badan lebih hal ini mungkin kabar baik, tetapi tentunya bagi mereka yang sudah dalam kekurangan gizi dan kesulitan untuk menaikkan berat badan kebiasaan minum kafein harus mulai dibatasi.

Disebut Kota Pendidikan, Mengapa?

Posted: 22 Aug 2010 12:50 AM PDT

SEKIAN lama kota Yogyakarta menyandang predikat sebagai kota pendidikan. Adanya predikat itu tentu memberikan kebanggaan bagi masyarakatnya. Pertanyaan saya pun akhirnya mencuat, atas dasar apa kota Yogyakarta disebut sebagai kota pendidikan? Karakter seperti apakah yang diperlihatkan kota Yogyakarta sehingga menyandang predikat tersebut? Saya terus mencari jawab atas pertanyaan itu.

Untuk mencari jawab atas pertanyaan itu salah satunya saya lakukan dengan menyaksikan wajah kota. Apa yang saya saksikan? Ketika melintasi jalan-jalan di kota ini selalu saya jumpai anak-anak mengais nafkah. Setiap kali mata memandang, hati saya menaruh iba menyaksikan mereka 'hidup belum saatnya'. Pemandangan anak-anak di jalan-jalan kota harus diakui memang memilukan, tapi itulah fakta yang saya saksikan. Di kota pendidikan ini, anak-anak usia sekolah ternyata belum sepenuhnya menempuh bangku pendidikan. Di jalan-jalan kota, saya juga menyaksikan iklan-iklan luar ruang yang harus saya akui jauh dari unsur mencerahkan. Berjejal iklan produk rokok menyingkirkan pesan-pesan moral di ruang publik. Menurut saya, unsur yang bersifat mendidik dari iklan luar ruang di kota ini sangatlah minim.

Untuk mencari jawab atas pertanyaan di muka, saya beberapa kali juga melakukan observasi di sekolah-sekolah. Diutarakan guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah, perilaku kurang santun ternyata banyak dilakukan siswa. Perilaku coret-mencoret meja dan kursi tak lagi sungkan dilakukan sebagian dari mereka, lebih-lebih perilaku itu dilakukan di kamar mandi atau pun toilet.

Bahkan, di luar gedung sekolah, saya juga menyaksikan 'perilaku tak biasa' yang dilakukan sebagian siswa. Malah di warung-warung di dekat sekolah yang tak terpantau gurunya, anak-anak sekolah tak segan menyulut rokok. Tak cuma itu, ada juga di antara mereka berpasangan dengan lawan jenis dan tak merasa malu menunjukkan hubungan intimnya. Perilaku yang mereka praktikkan mungkin bukan hal yang aneh, tapi perilaku itu menurut saya menyisakan tanda tanya jika dilakukan oleh anak-anak sekolah seusia SMP. Boleh jadi ada juga yang mengatakan bahwa perilaku mereka adalah wajar dengan dalih modernitas.

Namun, apakah tolok ukur dari modernitas? Anak-anak usia sekolah sudah berani berciuman dan berpelukan di muka umum. Tubuh tidak lagi disakralkan, tetapi diumbar begitu saja. Jika dahulu bagian tubuh perempuan disentuh laki-laki terasa jijik, namun sekarang diremas-remas menjadi biasa. Ini kenyataan yang tak bisa dimungkiri. Anak-anak usia sekolah berbeda jenis kelamin saling berdekapan erat layaknya suami-istri. Bukan maksud menggeneralisir, tetapi kenyataan seperti itu terjadi di kota pendidikan ini.

Di kalangan mahasiswa ternyata tak jauh berbeda. Kos-kos mahasiswa seringkali digunakan untuk menginap dan tidur bersama antarlawan jenis. Lagi-lagi bukan untuk menggenelisir, tetapi setidaknya membuka mata kita terhadap kenyataan yang mengkhawatirkan. Masih banyak kos-kos mahasiswa di kota Yogyakarta tidak ada induk semang atau pemilik kos yang tinggal bersama dengan anak-anak kos. Lalu, bagaimana dengan tawuran antarpelajar?

Saya pernah mendengar kabar dari aparat polisi, tawuran dan adu kekuatan biasanya dilakukan sebagian siswa antarsekolah di tempat-tempat yang sepi dan lapang di malam hari. Biasanya warga sekitar yang tempatnya dijadikan ajang tawuran langsung melapor ke kantor polisi terdekat. Laporan warga tidak hanya terkait dengan tawuran, pesta miras yang dilakukan beberapa siswa sekolah di tempat-tempat sepi kadang tak luput dari perhatian warga. Ya, ada pesta miras yang dilakukan anak-anak sekolah di kota ini. Penyalahgunaan narkoba? Tidak bisa dimungkiri jika pelajar dan mahasiswa di kota Yogyakarta ini banyak juga yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Berbagai pihak pun prihatin dengan fakta yang memperlihatkan maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa di kota pendidikan ini.

Dari apa yang saya saksikan di atas, saya belum menemukan jawab atas pertanyaan mengapa kota Yogyakarta disebut sebagai kota pendidikan. Saya pun tanpa lelah terus mencari jawab. Dari hasil ujian nasionalkah? Dari data yang saya dapat, kota ini tidak masuk dalam urutan tiga besar peraih hasil terbaik dalam ujian nasional. Saya malah terhentak membaca berita di koran ini beberapa waktu silam. Kasus korupsi dana sekolah menimbulkan keprihatinan saya karena terjadi di kota Yogyakarta yang mendapat predikat sebagai kota pendidikan.

Ternyata jawaban atas pertanyaan saya tidaklah sulit. Berdialog dengan beberapa kalangan, saya menemukan jawab mengapa kota Yogyakarta disebut sebagai kota pendidikan. Jawabnya sederhana, karena di kota ini banyak pelajar dan mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Kota Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi warga luar kota untuk mencari sekolah dan perguruan tinggi. Ada lagi jawaban selain itu, yakni banyak tokoh-tokoh nasional dulunya pernah menempuh pendidikan di kota ini. Atas dasar itulah kota Yogyakarta mendapat predikat sebagai kota pendidikan.

Namun demikian, jawaban yang saya dapatkan tersebut belum memuaskan saya. Terkait dengan upaya mempertahankan kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan, banyak berita yang saya baca menyebutkan bahwa pihak perguruan tinggi di kota ini tak henti-hentinya mempromosikan institusinya. Bencana gempa bumi silam, misalnya, memunculkan tantangan bagi dunia pendidikan di kota ini untuk mencitrakan diri kembali. Maraknya seks bebas dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar-mahasiswa tak luput menjadi pemantik untuk mencitrakan Yogyakarta yang tetap save dan kondusif untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Lalu, apakah sekadar berjubelnya pelajar dan mahasiswa yang belajar di kota Yogyakarta yang mendasari kota ini sebagai kota pendidikan? Masih tepatkah memaknai kota pendidikan sekadar dari banyaknya gedung-gedung sekolah dan perguruan tinggi?

Dimana Menggelar Pesta Pernikahan ?

Posted: 22 Aug 2010 12:49 AM PDT

erencanakan pesta pesta pernikahan adalah salah satu hal yang membahagiakan bagi pasangan calon pengantin. Namun tak dapat dipungkiri, hal tersebut juga dapat menimbulkan kerumitan tersendiri. Anda berusaha merinci semua kebutuhan serta siapa saja yang terlibat, kesemuanya tertulis dalam suatu "proposal". Anda mulai banyak bertanya sana-sini, rajin mendatangi pameran pernikahan, sering menggali info dari buku, majalah, ataupun internet, demi mendapat detail yang diinginkan.

Model gaun yang indah sudah ada dalam benak anda, begitu juga dengan cincin kawin yang akan dipakai. Beberapa nama fotografer, video shooting, dekorasi, catering, serta perias pengantin sudah ada dalam "wedding checklist". Namun, hal yang tak bisa diabaikkan adalah memilih "tempat pernikahan". Ini adalah unsur penting, karena tempat yang dipilih akan bisa menginspirasi hal-hal lain. Setelah menentukan tempat, anda bisa merancang dekorasi, gaun pengantin, menu makanan, atau bahkan jasa entertainment. Mengapa demikian ? Karena segalanya harus tampak imbang (balance) dalam pesta anda. Jangan sampai sudah memilih tempat yang representatif, namun unsur-unsur di dalamnya sama sekali tak sesuai, atau bisa juga terjadi hal yang sebaliknya. Misalnya, tempat yang ditunjuk sudah memadai adanya, tapi dekorasinya sangat "sepi & redup" sehingga menimbulkan kesan yang kurang bagus.

Rumah, Gedung, atau Hotel ? Indoor atau Oudoor ?

Ketahuilah lebih dulu anggaran pesta pernikahan yang anda miliki, dan berapa jumlah tamu yang diundang. Khusus untuk para tamu, seleksilah mereka. Pastikan tamu yang diundang adalah mereka yang memiliki hubungan erat dengan anda, pasangan, maupun keluarga anda berdua. Setelah mengetahui jumlah tamu yang akan diundang, anda sudah bisa mendapat gambaran, dimana kira-kira tempat menggelar pesta yang dipilih, sesuai dengan detail yang anda mau. Ada kalanya, dengan alasan-alasan tetentu, anda dan pasangan ingin mengadakan pesta di rumah saja (rumah salah satu pihak pengantin). Meskipun tidak dilarang, anda perlu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :

  • Pastikan jumlah tamu yang hadir sesuai dengan kapasitas ruangan yang dipakai.
  • Perhitungkan "arus lalu lintas " tamu yang akan datang pada pesta anda. Perhitungan ini bisa dimulai dari tempat parkir kendaraan yang memadai, masuknya para undangan di pintu utama (pastikan tidak berjubel), dilanjutkan menuju ruang pelaminan untuk bertemu sang pengantin, tempat para undangan menikmati jamuan makan hingga akhirnya tibalah saat mereka pulang. Jangan sampai terjadi "bentrokan arus" antara tamu yang datang dengan tamu yang akan pulang.
  • Selain para tamu, pastikan juga kenyamanan pihak-pihak lain yang mendukung pesta anda seperti misalnya tenaga fotografer, video shooting, dan catering. Mereka semua perlu ruang gerak yang cukup agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Fotografer dan pihak video shooting perlu mengambil "angle" yang pas agar tidak ada moment-moment indah yang terlewatkan. Begitu juga dengan tenaga catering yang harus sigap mengganti menu yang habis, agar para tamu yang hadir secara beruntun dapat enjoy menikmati menu. Siapkan tempat dimana para tenaga catering ini menyiapkan aneka hidangan yang jumlahnya beragam dalam porsi besar pula, serta sediakan tempat dimana mereka bisa mencuci piring dengan leluasa.
  • Pastikan sudah mendapat izin keramaian dari pihak-pihak terkait (RT/RW). Jangan lupa pula minta izin kepada para tetangga terdekat, karena mungkin dengan adanya pesta anda, akan mengganggu mobilitas mereka untuk sementara waktu.
  • Siapkan pengadaan tenaga security yang dapat dipercaya.
  • Perhatikan sirkulasi udara dalam rumah. Bukannya tak mungkin karena banyaknya orang yang datang, akan membuat sirkulasi udara sangat panas hingga terasa pengap. Anda mungkin perlu penambahan AC ataupun kipas angin besar.
  • Perhitungkan penambahan unsur "lighting" agar suasana rumah tampak beda dibandingkan hari-hari biasa. Kemungkinan juga akan menambah daya listrik.

Jika rumah bukan pilihan anda sebagai tempat hajatan pesta, pilihan lain bisa berupa gedung atau hotel. Sama halnya seperti pesta di rumah, pesta di gedung atau hotel juga perlu memperhitungkan jumlah tamu yang hadir agar tampak sesuai dengan kapasitas ruangan. Jika dengan alasan-alasan tetentu gedung atau hotel yang digunakan bukan tempat yang familiar digunakan untuk pesta pernikahan, jangan lupa sertakan "denah lokasi" sejelas-jelasnya dalam undangan anda. Bagi yang ingin mengadakan pesta di hotel, biasanya pihak hotel mempunyai "paket umum" seperti : sewa tempat – catering – compliment menginap (bagi pasangan pengantin) sekaligus. Catering yang akan disediakan tentu saja merupakan hasil olahan chef hotel yang bersangkutan. Dengan demikian, pastikan hotel yang dipilih memang istimewa, baik dari segi tempat maupun jasa catering yang ditawarkan. Jangan ragu untuk meminta "test food" agar anda tak ragu mengenai kwalitas cita rasa makanan yang akan dihidangkan. Bersikaplah pro-aktif kepada pihak marketing hotel agar anda tidak kecewa. Survey ruang pesta, mencicipi makanan, serta, touring ke kamar hotel adalah yang patut anda lakukan bersama pasangan.

Jika kita sudah membicarakan tempat, kini saatnya untuk membicarakan tema pesta. Tema pesta secara sederhana dibagi menjadi dua bagian, indoor dan outdoor. Tema yang terakhir mulai banyak diminati, karena memberi nuansa yang berbeda. Jika pesta outdoor adalah pilihan anda, tips-tips di bawah ini mungkin berguna untuk anda:

  • Ceritakan sedikit dalam undangan anda, bahwa pesta yang diadakan akan bernuansa outdoor. Beri sedikit "attention note" kepada para hadirin perempuan agar jangan menggunakan sepatu berhak tinggi/hak runcing, agar dapat menikmati suasana pesta dengan sangat nyaman.
  • Untuk pesta outdoor, pertimbangkan untuk menggunakan jasa "pawang hujan", walaupun pesta anda tidak diadakan saat musim hujan tiba. Anda tak ingin tamu anda yang sudah tampil elegan, rapi, dan wangi itu basah kuyup bukan ?
  • Usahakan mencari tempat pesta outdoor, dimana tempat parkir tidak terlalu jauh dari tempat penyelenggaraan pesta.
  • Dengan "space" yang terasa lebih besar daripada pesta indoor, ingatkan kepada fotografer dan pihak video shooting agar dapat mengambil moment dan situasi tempat secara detail , karena akan banyak sekali hal-hal yang bisa dieksplorasi.
  • Karena ini adalah pesta outdoor, dimana kesan yang didapat sangat kekeluargaan, anda dan pasangan dapat berbaur dengan para tamu, untuk saling berbincang dan menyampaikan ucapan terima kasih.

Akhirnya…selamat merancang pesta pernikahan, yang penuh kesan dan tak akan terlupakan seumur hidup anda.

Delapan Mitos dan Fakta AIDS

Posted: 22 Aug 2010 12:47 AM PDT

Mitos 1
AIDS merupakan masalah masyarakat Afrika

Fakta: Dari 42 juta penderita HIV/AIDS di seluruh dunia, 70 persen memang berada di sub-Sahara, Afrika. Namun HIV/AIDS bukan masalah Afrika saja:

  1. HIV/AIDS ada dan menyebar di benua termiskin di dunia ini akibat kebijakan ekonomi dan kolonialisme bangsa Barat.
  2. HIV/AIDS menyebar pada negara-negara di seluruh dunia, terutama dengan banyak komunitas yang miskin, ketidakadilan, dan konflik. Eropa Timur serta Asia Tengah memiliki tingkat penyebaran paling tinggi, diikuti oleh negara-negara di Asia Pasifik, Karibia, dan Amerika Latin.

Mitos 2
Untuk menghentikan penyebaran HIV, masyarakat hanya perlu menghentikan hubungan seksual dengan banyak partner dan penggunaan narkoba.

Fakta: Struktur sosial ekonomis di berbagai belahan dunia menyebabkan banyak orang tak memiliki pilihan. Mereka terpaksa melakukan tindakan berisiko tertular HIV/AIDS akibat kemiskinan, jender, ketidakadilan etnis, buruh migran, serta konflik bersenjata.

Mitos 3
Dana pemberantasan AIDS di negara berkembang masuk ke dalam kantung para pejabat korup.

Fakta: Korupsi ada di berbagai negara dunia. Namun hal ini semestinya tidak menghentikan maupun memperlambat kontribusi sumbangan:

  • Warga negara secara individual maupun kelompok, pihak media massa serta pejabat pemerintah di seluruh dunia telah menunjukkan kewaspadaan serta komitmen yang lebih tinggi untuk memerangi korupsi akhir-akhir ini.
  • Institusi internasional seperti Global Fund untuk memerangi AIDS, TB, dan Malaria, memiliki mekanisme yang cukup ketat untuk memastikan akuntabilitas penerima donor.
  • Banyak negara dengan sejarah korupsi memiliki program penanganan HIV/AIDS yang sukses. Seperti Thailand, Uganda, dan Brasil.

Mitos 4
Penanganan terbaik untuk mengendalikan AIDS di negara berkembang adalah pencegahan. Terapi yang mahal sebaiknya menunggu hingga program pencegahan telah dilakukan.

Fakta: Pencegahan dan terapi memiliki peran yang sama dalam menangani HIV/AIDS:

  • Adalah tidak adil membiarkan sepuluh juta orang mati begitu saja tanpa pengobatan AIDS. Padahal, di negara-negara maju, kondisi penderita HIV/AIDS telah semakin meningkat berkat pengobatan.
  • Negara dengan jumlah penderita berada pada usia produktif akan menghadapi bencana ekonomi dan sosial besar bila mereka dibiarkan meninggal begitu saja.
  • Keberhasilan program pencegahan terbatas. Program pencegahan seringkali bertentangan dengan kondisi sosioekonomi masyarakat. Selain itu, program pencegahan terbaik sekalipun tidak dapat mencegah laju penyebaran pada negara dengan prevalensi cukup tinggi.
  • Pencegahan dan pengobatan secara bersama-sama memiliki dampak sinergis. Konseling dan tes, strategi utama pencegahan, jauh lebih bermanfaat bila dibarengi dengan program untuk mereka yang HIV positif.

Mitos 5
Pengobatan AIDS di negara berkembang sulit dilakukan karena obat antiretroviral terlalu mahal dan karena negara-negara tersebut tidak memiliki infrastrukur yang cukup baik untuk menyebarkan obat tersebut. Penggunaan ARV yang salah justru dapat meningkatkan resistensi HIV.

Fakta:

  • Pengobatan untuk warga miskin tidak lagi mahal karena baik obat generik maupun paten harganya sekarang jauh lebih murah.
  • Biaya ekonomi justru akan lebih melambung tanpa adanya pengobatan.
  • Bukti menunjukkan bahwa mengobati pasein dengan ARV dapat menghemat dana sistem kesehatan.
  • Infrastrutur tersedia di berbagai daerah.
  • Penyebaran ARV dapat disederhanakan dan dimodifikasi bagi kepentingan warga miskin.
  • Kerjasama yang dibentuk antara kelompok kaya dan miskin membantu penyebaran ARV di daerah yang sulit dicapai.
  • Resistensi terhadap obat dapat diminimalisir dengan terapi yang tepat. Infrastruktur untuk mengatasi TB dapat ditiru.

Mitos 6
Vaksin HIV akan segera tersedia dan dapat menyelesaikan krisis ini.

Fakta: Vaksin tak akan menyelesaikan krisis AIDS:

  • Meski telah banyak perkembangan dalam penelitian vaksin HIV, masih terdapat banyak hal yang harus diketahui untuk menuntaskan penelitian tersebut.
  • Penelitian vaksin HIV seringkali terhambat masalah dana. Selain itu, kurangnya koordinasi antar peneliti memperumit masalah ini.
  • Sulitnya menciptakan vaksin yang efektif
  • Pada saat vaksin tersebut berhasil dikembangkan, masih akan banyak jutaan orang akan mati bila tidak ada langkah segera dilakukan untuk mengatasinya.

Mitos 7
Perusahaan farmasi bersama para pejabat di negara maju hanya mengeruk keuntungan dari penderita AIDS miskin di negara berkembang.

Fakta: Harga ARV semakin murah di berbagai negara berkembang.

  • Versi generik ARV telah diproduksi di berbagai negara dan diespor ke negara lain berkat aturan WTO.
  • Meningkatnya versi generik membuat obat paten juga lebih murah.
  • Sejarah membuktikan bahwa gerakan masyarakat dapat mempengaruhi perusahaan dan negara.
  • Beberapa kompromi antara akses obat serta profit sudah ada, termasuk pembelian ARV dalam jumlah besar oleh pemerintah negara berkembang, perbedaan harga antara negara kaya dan miskin.

Mitos 8
Sejak sumber daya menjadi terbatas, para pejabat perlu lebih memperhatiikan masalah orang banyak seperti gizi, air bersih, dan kesehatan anak ketimbang AIDS.

Fakta: Pengobatan AIDS akan berpengaruh besar untuk menghindari bencana ekonomi, sosial, dan kesehatan secara umum:

  • AIDS terutama menyebabkan kematian pada generasi muda di masa produktif, hal ini berpengaruh besar pada perekonomian.
  • Pertanian juga terancam oleh HIV/AIDS. Bila para petani mati, maka pasokan pangan akan hilang dan masyarakat menjadi kurang gizi, pengaruhnya besar pada kesehatan secara umum.
  • Anak-anak menjadi yatim piatu, terlantar tanpa makanan, pendidikan, layanan kesehatan serta masa depan cerah.
  • AIDS dapat menyebarkan penyakit infeksi lain seperti tuberculosis.

Ciri – Ciri Wanita “Overtraining”

Posted: 22 Aug 2010 12:46 AM PDT

Siapa pun tentu tak ingin memiliki lengan yang menggelambir. Sebagai perempuan, Anda juga ingin punya lengan yang kencang. Anda bisa mendapatkan lengan yang kencang dengan latihan otot secara teratur.

Namun, melihat lengan Sarah Jessica Parker dan Madonna pada gambar di sebelah ini tentu membuat Anda berpikir: haruskah perempuan memiliki lengan yang berotot seperti ini? Mengapa lengan mereka bisa tampak seperti itu? Apakah hal itu disebabkan oleh overtraining, ataukah mereka memang menginginkannya?

Ada tiga penyebab mengapa lengan SJP bisa demikian berotot: genetik, kadar lemak tubuh yang rendah, atau kelebihan latihan. Dalam kasus bintang Sex and the City ini, tampaknya tiga hal tersebut memang merupakan penyebabnya. Perempuan mungil ini memang mengaku selalu diet ketat dan latihan secara rutin.

Masalahnya, ketika Anda mengurangi asupan kalori dan berlatih begitu keras, lemak tubuh akan menipis dan urat-urat akan menonjol. Menurut para dokter, hal ini menjadi tanda bahwa Anda berlatih kelewat ketat. Anda ingin tahu apa tanda-tanda lain bahwa Anda overtraining?

  1. Anda berhenti latihan selama berhari-hari setelah berolahraga. Seluruh tubuh Anda terasa sakit. Untuk bangkit dari kursi dan berjalan saja Anda harus tertatih-tatih. Akhirnya, Anda hanya ingin berbaring kembali di tempat tidur sambil membalurkan minyak gosok.
  2. Insomnia. Selain merasa kelelahan, Anda juga merasa melayang-layang dan terjaga sepanjang malam.
  3. Menstruasi menjadi tidak teratur.
  4. Mendadak mengalami mood swing. Latihan sebenarnya menghasilkan hormon endorfin, yang membuat kita merasa rileks, tenang, dan nyaman. Namun, kelebihan latihan ternyata membuat kekacauan hormon secara terus-menerus.
  5. Terlalu keras berolahraga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan memadamkan keinginan Anda untuk giat beraktivitas.

Celup Teh Kurang Dari 5 Menit Saja!

Posted: 22 Aug 2010 12:45 AM PDT

Di pasaran, ada 3 jenis teh yang biasa dijual; teh celup, teh daun atau teh serbuk seduh, dan teh bubuk instan. Masing-masing jenis teh bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebelum mengkonsumsinya, pastikan Tanggal Kedaluarsanya ! Teh Celup Bubuk teh yang dibungkus sejenis kertas berpori-pori halus yang tahan panas. Bagi Anda penggemar teh, pasti tahu teh celup.

Sangat modern dan praktis. Pastinya Anda sering minum teh karena paham akan manfaat teh bagi tubuh. Misalnya saja, teh merah untuk relaksasi, teh hitam untuk pencernaan, atau teh hijau untuk melangsingkan tubuh. Saat hendak minum teh, apakah Anda terbiasa mencelupkan kantong teh celup berlama-lama? Jika ya, hati-hati. Mungkin Anda senang mencelupkan teh lama-lama karena berpikir semakin lama kantong teh dicelupkan dalam air panas, makin banyak khasiat teh tertinggal dalam minuman teh karena teh semakin pekat.

Padahal, yang terjadi justru sama sekali berbeda! Kandungan zat klorin di kantong kertas teh celup akan larut. Apalagi jika Anda mencelupkan kantong teh lebih dari 5menit. Klorin atau chlorine adalah zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas. Fungsinya, disinfektan kertas, hingga kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Selain itu, kertas dengan klorin memang tampak lebih bersih. Karena disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya. Tak jauh beda dari racun serangga. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker.

Nah, mulai sekarang, jangan biarkan teh celup Anda tercelup lebih dari 5 menit. Sebaiknya, kembali ke cara yang sedikit repot, misal menggunakan daun teh atau teh serbuk / bubuk. Buat yang pernah berkunjung ke pabrik kertas/pulp, mungkin tahu bahwa chlorine ini adalah senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia, khususnya dapat menyerang syaraf, dsb! Dari kejauhan pabrik mudah dilihat jika ada asap berwarna kuning yang mengepul dari pabrik, itu bukan asap biasa tapi chlorine gas.

Makanya industri ini mendapat serangan hebat dari LSM lingkungan karena hal di atas, di samping juga masalah kehutanan. Kertas terbuat dari bubur pulp yang berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pengelantang (sejenis rinso/baycline) senyawa chlorine yang kekuatan sangat keras sekali! Kertas sama dengan kain, karena memiliki serat. Kalau Anda mau uji benar apa tidaknya, silahkan coba nanti malam bawa tissue ke Studio East, lihatlah tissue akan mengeluarkan cahaya saat kena sinar ultraviolet dari lampu disco!

Berarti masih mengandung chlorine tinggi. Kalau di negara maju, produk ini harus melakukan proses neutralization dgn biaya cukup mahal agar terbebas dari chlorine dan dapet label kesehatan. Tissue atau kertas makanan dari negera maju yang dapat label Depkesnya tidak bakalan mengeluarkan cahaya tsb saat kena UV. Kertas rokok sama saja, bahkan ada calsium carbonat agar daya bakarnya sama dengan tembakau dan akan terurai jadi CO saat dibakar. Di Indonesia tidak ada yang kontrol, jadi harap berhati-hati.

Cara Praktis Deteksi Kanker Leher Rahim

Posted: 22 Aug 2010 12:45 AM PDT

KANKER leher rahim merupakan jenis penyakit kanker paling banyak kedua di dunia yang diderita wanita di atas usia 15 tahun.

Sekitar 500.000 wanita di seluruh dunia didiagnosa menderita kanker leher rahim dan rata-rata 270.000 meninggal tiap tahunnya.Untuk Indonesia, kanker leher rahim atau yang juga disebut kanker serviks merupakan jenis kanker paling banyak yang terjadi pada perempuan.

Tanpa memandang usia dan latar belakang, setiap perempuan beresiko terkena penyakit yang disebabkan virus Human Papilloma (HPV) ini. Bahkan kanker ini sering menjangkiti dan membunuh wanita usia produktif (30 sampai 50 tahun.Melihat tingginya faktor risiko penderita penyakit ini, sudah seharusnya kaum perempuan melakukan screening atau deteksi dini.

Salah satu metode pendeteksian dini terhadap kanker serviks tersebut yakni metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Metode ini tergolong sederhana, nyaman dan praktis. Dengan mengoleskan asam cuka (asam asetat) pada leher rahim dan melihat reaksi perubahan, prakanker dapat dideteksi. Biaya yang dikeluarkan pun juga murah, hanya sekitar Rp5000.

Selain prosedurnya tidak rumit, pendeteksian dini ini tidak memerlukan persiapan khusus dan juga tidak akan menyakitkan pasien. Letak kepraktisan penggunaan metode ini yakni dapat dilakukan di mana saja, dan tidak memerlukan sarana khusus.

"Cukup bed sederhana yang representatif. Ini mudah dilakukan bidan atau perawat yang terlatih," ujar Laila Nuranna, Koordinator Program Deteksi Dini Kanker Rahim di Kantor Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (14/3) saat menghadiri acara peluncuran program tersebut.

Saat ini, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Leiden University Medical Center, The Netherland, Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta mencanangkan program deteksi dini kanker rahim dengan metode IVA.

Wilayah yang menjadi pilot project screening kanker serviks tersebut yakni Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, yang merupakan salah satu wilayah terpadat di Jakarta.Tempat melakukan deteksi dini menggunakan metode IVA di wilayah Kecamatan Johar Baru dan juga Jakarta Pusat saat ini terdapat pada Puskesmas Pulogundul, Puskesmas Johar Baru 1, Puskesmas Johar Baru 2, Puskesmas Johar Baru 3, Puskesmas Galur, Puskesmas Kampung Rawa, Puskesmas Tanah Tinggi, dan Rumah Bersalin Panti Astuti.

Laila Nuranna mengatakan kegiatan pendeteksian tersebut diharapkan selanjutnya dapat menyebar ke seluruh wilayah Jakarta dan ke seluruh Indonesia. "Kami harap akan melibatkan banyak pihak, lebih banyak masyarakat yang memahami bahaya kanker leher rahim serta mengetahui dan melaksanakan upaya pencegahan," ujar Laila.

Pasien yang hasil pemeriksaannya menunjukkan keadaan abnormal, jelas Laila, akan dilakukan pengobatan dengan metode krioterapi yaitu sebuah tindakan medis dengan cara mendinginkan bagian yang sakit sampai dengan suhu di bawah nol derajat selsius. Metode ini disebut juga terapi gas dingin.

Cara Mudah Mengenali Makanan & Minuman Berbahaya

Posted: 22 Aug 2010 12:44 AM PDT

Makanan dan minuman menjadi pilihan wajib bagi siapa pun untuk menjaga kesehatan sekaligus meneruskan keberlangusngan hidupnya. Namun, makanan dan minuman yang diolah secara tidak benar justru dapat menjadi pembunuh nomor wahid lantaran mengandung zat racun bagi tubuh.

Hal itulah yang mengilhami peneliti Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melakukan penelitian dan akhirnya mempublikasikan dalam "Expo Karya Wima (Widya Mandala)" di kampus setempat pada 21-22 September 2008.

"Tips mengenali makanan dan minuman yang berbahaya dan yang aman itu penting pada masa-masa menjelang Lebaran," kata peneliti UKWMS, Caroline SSi MSi Apt.

Dalam percakapannya dengan ANTARA News di Surabaya, ia menyampaikan metode pengenalan paling mudah dari berbagai sudut yakni warna, kandungan boraks, kandungan formalin, daging gelonggongan, ayam basi, ikan basi, makanan kaleng, bahaya snack, dan bahaya kemasan plastik.

"Kalau ada makanan yang warnanya mencolok dan menarik justru harus dicurigai, misalnya saos yang warnanya membekas di tangan memungkinkan pewarna yang digunakan adalah pewarna tekstil yang dapat menyebabkan kanker," katanya.

Untuk boraks, katanya, dapat diamati dari bakso. "Kalau kenyal atau mudah dipantulkan seperti memantulkan bola karet di tanah, maka berarti banyak mengandung boraks. Bisa juga dari tanda-tanda gigitan yang kembali ke bentuk semula setelah digigit," katanya.

Sebaliknya, katanya, tahu putih yang terlalu keras justru patut diduga mengandung formalin. "Kalau tahu kuning yang keras, kami belum melakukan penelitian, tapi kalau tahu putih yang tidak lembek dapat diduga ada kandungan formalin di dalamnya," ucapnya.

Tentang daging gelonggong (daging yang diisi air), dosen Fakultas Farmasi (FF) UKWMS itu mengatakan daging seperti itu dapat dikenali dari air yang menetes bila digantung.

"Jadi, pilih saja daging yang digantung. Kalau ada air yang menetes berarti daging gelonggongan. Cara lain mengenali dari warna daging yang asli masih merah segar dan serat-serat di dalam daging juga tidak menggelembung," katanya.

Harga yang tidak wajar juga merupakan pertanda. "Harga daging yang wajar itu Rp46 ribu perkilogram, nah kalau harganya lebih murah dari itu berarti patut dicurigai sebagai daging gelonggongan," ungkapnya.

Kalau daging ayam, bagaimana cara mengenali daging dari ayam yang mati?

"Daging ayam yang masih segar itu berwarna agak kekuning-kuningan, kalau warnanya putih bersih justru dimungkinkan dari bekas ayam mati, apalagi kalau ada warna biru seperti bekas memar serta bau sangat amis," katanya.

Bahkan, katanya, ada pula daging ayam yang direndam formalin agar awet. "Kita dapat mengenali daging ayam berformalin dengan menekan atau mendorongnya dengan jari telunjuk. Kalau keluar lendir atau air berarti pernah direndam dengan formalin," katanya.

Namun, katanya, formalin dalam makanan juga dapat dihilangkan. "Caranya, makanan yang mencurigakan itu direndam dengan air panas sekitar 30 menit atau dipanaskan dengan oven bersuhu 121 derajat tiga menit. Kalau ikan dapat direndam dengan air cuka 5 persen selama 15 menit atau direndam air garam selama 30 menit untuk ikan asin," katanya.

Lain halnya cara mengenali ikan basi. "Kalau ditekan justru lembek, warna insang tampak merah tua, atau mata ikan justru terlihat bening, maka cirinya ikan itu basi atau diberi formalin. Paling mudah ya beli saja ikan yang masih ada tanda-tanda hidup," katanya.

Caroline juga menyarankan agar masyarakat jangan membeli makanan kaleng yang kemasan kalengnya sudah penyok.

"Kaleng yang penyok akan mengubah konsentrasi di dalam kemasan, karena kaleng penyok dapat mengandung racun akibat adanya kandungan botulimun (bahan dasar kosmetik). Kalau mau aman ya dipanaskan seperti ikan atau dibakar agar racunnya mati. Biasanya, supermarket justru memberi diskon," katanya.

Untuk snack (makanan ringan) yang banyak disukai anak-anak, katanya, justru perlu dilihat komposisi zat warna-nya dan nomor registrasi. "Kalau warna-warnanya mencolok atau tanggal produk-nya kadaluarsa justru berbahaya," katanya.

Satu lagi bahaya yang sering tak disadari adalah kemasan dari plastik, styrofoam, dan melamin. "Kalau kemasan itu diisi dengan bakso panas, soto panas, teh panas, dan makanan atau minuman serba panas akan dapat menyebabkan kanker," katanya.

Cara Hacker curi data Kartu Kredit

Posted: 22 Aug 2010 12:44 AM PDT

Hal ini juga pernah di alami oleh penulis yang ingin berlangganan majalah game luar negeri dengan pembayaran online lewat kartu kredit.

Para hacker sangat suka sekali kejahatan yang satu ini, kenapa? Karena kalau cuma nge-hack website atau deface (merubah tampilan/link website) merupakan sesuatu yang tidak ada untungnya. Dan hal ini bisa ke deteksi dan pelaku kejahatan bisa ketangkap dengan mudah kalau sites yang dia masuki memiliki TRACKER (program pelacak ip/link) atau LOG FILE (file yang mencatat aktivitas user/ip yang masuk ke website). Kalau carding mereka bisa bebas tanpa jejak dan juga kadang-kadang setelah mendapatkan datanya, mereka sebarkan antar hacker sehingga susah dilacak orang pertama yang mencuri data kartu kredit. Kejadian baru-baru ini yaitu situs internet teroris Indonesia juga di register dari hasil carding.

Ada beberapa cara yang digunakan oleh hacker dalam mencuri kartu kredit, antara lain:

1. Paket sniffer, cara ini adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan data apa saja. Konsep kerjanya mereka cukup memakai program yang dapat melihat atau membuat logging file dari data yang dikirim oleh website e-commerce (penjualan online) yang mereka incar. Pada umumnya mereka mengincar website yang tidak dilengkapi security encryption atau situs yang tidak memiliki security yang bagus.

2. Membuat program spyware, trojan, worm dan sejenisnya yang berfungsi seperti keylogger (keyboard logger, program mencatat aktifitas keyboard) dan program ini disebar lewat E-mail Spamming (taruh file-nya di attachment), mirc (chatting), messenger (yahoo, MSN), atau situs-situs tertentu dengan icon atau iming-iming yang menarik netter untuk mendownload dan membuka file tersebut. Program ini akan mencatat semua aktivitas komputer anda ke dalam sebuah file, dan akan mengirimnya ke email hacker. Kadang-kadang program ini dapat dijalankan langsung kalau anda masuk ke situs yang di buat hacker atau situs porno.

3. Membuat situs phising, yaitu situs sejenis atau kelihatan sama seperti situs aslinya. contoh di Indonesia ketika itu situs klik bca (www.klikbca.com), pernah mengalami hal yang sama. situs tersebut tampilannya sama seperti klikbca tetapi alamatnya dibikin beberapa yang berbeda seperti www.clikbca.com, www.kikbca.com, dll, jadi kalau netter yang salah ketik, akan nyasar ke situs tersebut. Untungnya orang yang membuat situs tersebut katanya tidak bermaksud jahat. Nah kalau hacker carding yang buat tuh situs, siap-siap deh kartu kredit anda bakal jebol.

4. Menjebol situs e-commerce itu langsung dan mencuri semua data para pelanggannya. Cara ini agak sulit dan perlu pakar hacker atau hacker yang sudah pengalaman untuk melakukannya. Pada umumnya mereka memakai metode injection (memasukan script yang dapat dijalankan oleh situs/server) bagi situs yang memiliki firewall. Ada beberapa cara injection antara lain yang umum digunakan html injection dan SQL injection. Bagi situs yang tidak memiliki security atau firewall, siap-siaplah dikerjain abis-abisan.

Ada beberapa cara lagi yang dilakukan para hacker, tapi cara-cara di atas adalah cara yang paling umum dilakukan hacker untuk carding. Cara yang tidak umum akan dijelaskan nanti di lain waktu. Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat dari si pelaku, tetapi karena adanya kesempatan, waspadalah… waspadalah…

Artikel ini tidak ditujukan untuk mengajari anda gimana mencuri data kartu kredit, tapi kami ingin memberitahu anda supaya di kemudian hari anda bisa terhindari dari kejahatan pencurian data kartu kredit. Istilah kejahatan kartu kredit yang biasa di istilahkan "carding" sejak adanya internet meningkat ratusan persen. Ironisnya Indonesia masuk dalam jajaran top 10 (sempat di peringkat pertama) sehingga kartu kredit terbitan Bank-Bank Indonesia ditolak ketika belanja online di situs luar negeri.

Comments (0)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...