Zona Orang Gila

Diposting oleh bening Jumat, 17 September 2010 09.59

Zona Orang Gila


Misteri Garis Nazca yang Misterius

Posted: 16 Sep 2010 10:56 PM PDT

Garis Nazca terletak di Pampa, bagian dari Peru. Daratan terpencil dari Teluk Peruvian yang terdiri dari Pampas San Jose (Jumana), Socos, El Ingenio dan lain-lainnya di provinsi Nazca, seluas 400km. di selatan Lima, meliputi area sekitar 450km2 padang gurun pasir dan lereng Andes.

Garis ini ditemukan pertama kali ketika sebuah penerbangan asing terbang diatas gurun Peruvia pada tahun 1920. Para penumpang dilaporkan melihat "landasan terbang sederhana" dibawah mereka. Tidak ada yang tahu siapa yang telah membuatnya ataupun alasannya. Sejak penemuan mereka, garis Nazca telah mengundang banyak penjelasan mutakhir.

landasan terbang sederhana

Di Pampa, sebelah selatan dari garis Nazca, para arkeolog menemukan kota dari para pembuat garis yang telah hilang, Cahuachi. Dibangun kurang lebih 2000 tahun lalu, yang secara misterius ditinggalkan 500 tahun kemudian. Penemuan baru pada Cahuachi adalah merupakan awal bagi kita untuk orang-orang Nazca dan mengungkap misteri dari garis Nazca.

Cahuachi muncul sebagai harta karun dari budaya Nazca. Saat Orefici dan timnya menggali, menemukan lukisan-lukisan dari tembikar, teknik-teknik kuno penyulaman yang dikembangkan orang-orang Nazca, memberikan pandangan bagaimana kemungkinan garis itu dibuat, dan fungsinya bagi mereka selama kurang lebih 1500 tahun lalu.

Yang palng menarik adalah penemuan manusia yang tidak ada habisnya. Yang mencengangkan adalah penemuan mumi dari para penduduk Nazca itu sendiri di tanah kering pada gurun Peruvian. (Mereka telah mengenal proses mumifikasi sama seperti kebudayaan Mesir Kuno)

Pertamanya Cahuachi dipercaya sebagai tempat militer, tapi sekarang dikenal sebagai tempat untuk upacara-upacara ritual, dan bukti baru dari Orefici juga mengukuhkan pendapat ini. Cahuachi terungkap telah ditinggalkan setelah banyak bencana alam yang menimpa kota itu. Tapi sebelum mereka meninggalkannya, orang-orang Nazca mengubur kotanya dengan tanah gersang, yang sampai sekarang tetap berupa gundukan ditengah gurun

Komposisi dari Garis Nasca

Batu koral yang menutupi permukaan gurun, mengandung ferrous oxide (belerang). Pembongkaran selama berabad-abad, telah memberikan patina (fragmen) gelap padanya. Ketika batu-batu kerikil ini disingkirkan, warnanya kontras dengan lapisan dibawahnya. Pada tahap ini, garis lebih kelihatan beralur dengan warna yang lebih kelihatan, meskipun di beberapa saat, hanya kelihatan seperti jejak. Di kasus lain, batunya memperjelas garisnya dan gambaran dari gundukan menyamping dengan ukuran berbeda. Beberapa gambaran, misalnya, terutama pada awal-awal, dibuat dengan menghapus semua batu kerikil dari garis luar, dan dengan begini, akan menjadi lebih kelihatan.

geoglyph Nazca

Berikut adalah ukuran-ukuran dari beberapa bentuk terkenal dari geoglyph Nazca:

  • Laba-laba, sekitar 46 mil
  • Monyet, sekitar 55 mil
  • Burung Guano, 280 mil
  • Kolibri, 50 mil
  • Paus pembunuh, 65 mil
  • Pelican, paling besar 285 mil

Geoglyph Lainnya

Garis Nazca adalah kumpulan geoglyph paling menakjubkan didunia. Ada juga beberapa geoglyph besar di Mesir, Malta, Mississipi & California, Chili, Bolivia, dll. Tapi geglyph Nazca, dikarenakan jumlah, karakter, dimensi, dan terusan budaya, karena mereka dibuat dan dibuat lagi seiring dengan periode prehispanic, membentuk kumpulan arkeologis yang menakjubkan sekaligus membingungkan

Dataran Nazca

Dataran Nazca sangatlah unik, dengan kemampuannya mempertahankan tanda-tanda yang ada diatasnya, berdasarkan kombinasi dari iklim (salah satu yg terkering di Bumi, dengan curah hujan 20menit dalam setahun), dan juga tanah datar dan berbatu yang meminimalisasi efek dari angin ditanah. Dengan tidak adanya debu atau pasir untuk menutupi datarannya, serta hujan yang sedikit untuk mengikisnya, garis-garisnya cenderung tidak berubah ataupun tertutup. Factor-faktor ini, digabungkan dengan adanya lapisan bawah tanah dengan warna yang lebih cerah dari permukaan gurun, memungkinkan lahan yang luas, yang bisa ideal untuk digunakan bagi seniman yang ingin menghilangkan eksistensinya di dunia. Jadi lokasi nya memang sengaja ditentukan agar tidak memperngaruhi kondisi geoglyph tsb.

Konsentrasi dan penjajaran dari garis-garis memastikan bahwa pembuatannya membutuhkan pekerja jangka panjang yang bekerja secara intensif, seperti ditunjukkan dengan gaya dari desain-desain, yang juga berhubungan dengan tingkatan berbeda dari perubahan budaya.

Ada 2 tipe desain : pertama adalah macam-macam benda dan bentuk lain dari garis geometric. Sebelumnya terdiri dari bentuk binatang, tanaman, objek seperti bentuk anthropomorphis dari jaman kolosal yang dibuat dengan garis-garis yang sangat jelas. Dari sekian bentuk-bentuk, yang disimpan oleh Maria Reiche dan beberapa pengoleksi, sudah diketahui sekitar 70 buah.

Pola Garis

Banyak garis-garis yang acak dan terkesan tidak memiliki pola. Garis itu terlihat seperti garis berpencar secara acak seperti mengarah ke daerah-daerah terpencil, bersilangan tanpa alasan jelas.

Berikut adalah teori pembentukan Nasca Lines Oleh Erich von Däniken. Meski begitu banyak teori yang dikeluarkan oleh byk ilmuwan, teori Erich von Däniken adalah salah satu teori yang paling terkenal.

Teori Erich adalah teori dengan pendekatan paling akurat untuk memecahkan misteri Nazca. Dia berpikir bahwa dahulu, ada tamu dari bintang lain yang mengunjungi bumi dan bernama Nazca. Mereka mendarat ditempat ini , pada saat melandas, batu ini tersapu dengan pesawat bertenaga roket. Semakin dekat, kekuatannya pun bertambah dan meluaskan daerah yang tersapu itu. Pada saat ini, kargo mereka pun muncul. Selanjutnya, alien itupun menghilang dan membuat org2 bingung. Mereka pun mencoba memanggil kembali Tuhannya dengan mulai menggambar garis, bentuk, dan trapezenya. Daniken tak pernah mengatakan kalau alienlah yg membuat formatnya. Dia menemukan ZODIAK dan formasi kaca, kemudian membandingkan dgn VASIS modern atau simbol PAPI.

Foto-foto kekejaman Jepang ketika menguasai daerah Nanjing, China

Posted: 16 Sep 2010 10:56 PM PDT

Foto-foto kekejaman tentara Jepang ketika menguasai daerah Nanjing, China ketika Perang Dunia II

1. Enter Nanjing


2. Child Victim


3. Try Bayonet


4. Mass Cemetary


5. Proud to be a Samurai


Cacing Pada Pembalut Wanita

Posted: 16 Sep 2010 10:46 PM PDT

Pembalut ini berasal dari Cina. Makanya hati-hati kalo memilih pembalut

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWI_mSEvUYs_K6ATT0jHQhOgY8Ir8Xx4rIRHPMSAfoPHSmkI_MiW_udUiJflBE8k2wTL1gsvqF8oOe4Zfj66t2nAoEWoCMc5WzITpWCMpfmEyg7xyd4GNhqP5TlKzdffoS_x8jFE3Ivic9/s1600/chinese_pantyliners_01.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOxgx7TYyIuTRp61VePdboMKkeHYSxFyJ6WGswJDSjCKxwPmcsj2BmKuqiO_L2Dc7EOj_dm7TyOrv2Zx8PDNRWaUCFksD4hYGF43ugq9-BJ2uY_b08J0KpBJTROZW3JScQm_F_FeQkWc1D/s1600/chinese_pantyliners_02.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOdkEb6XczBBx99HS4CW-IU1ouFjZC3VTjTOCDeTw0TEylFwXPaj32prBjzwcrcS7znfsaBDwJDCtCVJzdk83zJP8882BiJgl4toY4NPbT2P0IbZaL5xMqAWCDsczNFme-Rl_w9jrnCZnJ/s1600/chinese_pantyliners_03.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj35gaLJ6IeuMQh9__3LPpk5O2IVIAPGH3CX9gqw9yv0FcsTjhb1d7I5lhrnG6IEu_DIMLb6rywZ9McKGR13YtgitSpYBcl05N6WGLduLEF9bnHqNPaZaKX0UP6yX3o1GTbJpqSy-Ue3vvL/s1600/chinese_pantyliners_04.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfT_Rb-2ytEcVH7rkQx5EMcBwPM1CEbjVRQqwauLaxRqVDRNuq2UsR2k9pVvVbcENDtSKsh6mEHO-hJ8hA5E3aEgZIjRTcS6Ge9_3KfikEN7xYx8CIKH9oO3-Y5l3qCLatbzYz-vrVxemg/s1600/chinese_pantyliners_05.jpg

Jalan Ambles, DPR Usulkan Panggil Menkeu & BPK

Posted: 16 Sep 2010 10:46 PM PDT

Menkeu Agus Martowardojo

JAKARTA - Terkait amblesnya Jalan RE Martadinata kemarin, DPR mengusulkan untuk memanggil Menkeu Agus Martowardojo dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR bidang Keuangan Negara Harry Azhar Aziz, di Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Adapun pemanggilan ini mengenai teknis kualitas keuangan negara yang bisa digunakan. Sementara untuk BPK dilihat dari sisi pemeriksaan atau audit anggaran yang digunakan oleh Kementerian/lembaga seperti Kementrian PU terkait amblesnya jalan RE Martadinata maupun proyek proyek infrastruktur lain.

"Domain pemanggilan pihak-pihak terkait seperti Menteri PU merupakan kewenangan Komisi V DPR, mereka harus cepat menuntaskan kejadian ini," kata Harry.

Sebelumnya, Kementerian PU menghitung kerugian yang harus ditanggung akibat amblesnya jalan RE Martadinata mencapai Rp2,835 miliar.

Menteri PU Djoko Kirmanto di lokasi kejadian mengungkapkan, perkiraan perbaikan membutuhkan biaya Rp6 miliar-Rp7 miliar dengan jangka waktu dua sampai tiga bulan.

Tak Ada Korban Tercebur di Jalan RE Martadinata

Posted: 16 Sep 2010 10:45 PM PDT


JAKARTA - Kapolres Jakarta Utara Kombes Andap Budi Resivanto membantah adanya kendaraan yang tercebur ke laut akibat amblesnya Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara.

Penegasan itu berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh Polres Jakarta Utara. "Penyelaman dilakukan pasukan katak dan brimob untuk melakukan pengukuran tekanan tanah di bawah jalan, dan mencari kemungkinan adanya korban jiwa," ujarnya kepada wartawan, Jumat (17/9/2010).

Menurut dia, polisi saat ini memeriksa seorang tukang ojek dan warga yang melihat amblesnya Jalan RE Martadinata tersebut.

Menurut pengakuan saksi, ketika ambles satu unit mobil dan motor yang tengah melintas langsung memutar arah.

"Jadi tidak ada truk atau sedan yang tercebur," tegasnya.

RI Dukung Pedoman Kurangi Kesenjangan Standar Pekerja

Posted: 16 Sep 2010 10:45 PM PDT

ilustrasi

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyatakan dukungan Indonesia dalam penyusunan pedoman (guidance) antarmenteri Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat APEC untuk mengurangi kesenjangan standar kehidupan pekerja dan kompetensi angkatan kerja antarnegara APEC.

Pedoman tersebut akan tertuang dalam Kesepakatan Bersama Tingkat Menteri yang dilengkapi "Rencana Aksi dan Proyek Multiyears di Bidang Pembangunan Keterampilan 2011 -2014" yang akan diputuskan dan diadopsi dalam Pertemuan Menteri SDM APEC di Beijing, China yang sedang berlangsung.

"Dokumen kesepakatan ini relevan sebagai guidance untuk kerja sama negara-negara APEC melalui pertukaran kebijakan, khususnya dalam mengurangi kesenjangan standar kehidupan pekerja dan kompetensi angkatan kerja menuju globalisasi yang lebih adil di wilayah Asia-Pasifik," ujar Muhaimin sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemenakertrans di Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Lebih lanjut, dirinya menambahkan dengan kesepakatan bersama diharapkan adanya kerja sama yang progresif dalam working group APEC di bidang sumber daya manusia, khususnya masukan solusi penyelesaian isu-isu ketenagakerjaan pada situasi krisis ekonomi yang telah mempengaruhi pasar kerja selama ini.

"Yang perlu ditekankan adalah pentingnya kerja sama negara-negara APEC di bidang sumber daya manusia, untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan para pekerja di masing-masing negara," tambahnya.

Sebagaimana diketahui Pertemuan Menteri Sumber Daya Manusia APEC (Asia- Pasific Economic Cooperation) diadakan di Beijing, China pada Kamis-Jumat (16-17 September) ini adalah pertemuan kelima kalinya yang dihadiri oleh Menteri-Menteri dari negara anggota APEC yang bertanggung jawab dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat ini APEC memiliki 21 anggota yaitu Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chili, Republik Rakyat Cina, Hong Kong, China, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Republik Filipina, Federasi Rusia, Singapura, China Taipei, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam

Perbaikan Jalan RE Martadinata Jangan Pakai Uang Negara

Posted: 16 Sep 2010 10:44 PM PDT

ilustrasi

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merasa keberatan bila perbaikan jalan Arteri RE Martadinata yang ambles kemarin menggunakan uang negara.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR bidang Keuangan Negara Harry Azhar Aziz, di Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Dia menambahkan, seharusnya dilakukan pengusutan terlebih dahulu siapa yang bersalah dalam hal konstruksi jalan itu, apakah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) atau kontraktor yang mengerjakan proyek jalan tersebut.

"Tidak bisa uang negara digunakan, ini sama saja menyepelekan uang negara. Kejadian ini mesti diinvestigasi, kalau tidak akan ada kejadian seperti ini di tempat lain," ujar Harry.

Menurutnya, amblesnya jalan RE Martadinata bukanlah kejadian force majeur, melainkan kesalahan perhitungan yang dilakukan oleh Kementerian PU maupun kontraktor yang mengerjakan jalan utama menuju pelabuhan Tanjung Priok.

Harry mengatakan, jika Kementerian PU tetap menggunakan anggaran APBN, maka sangat jelas ada indikasi keuangan negara dirugikan serta adanya kualitas penggunaan uang negara yang tidak dipertanggungjawabkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kementerian PU menghitung kerugian yang harus ditanggung akibat amblesnya jalan RE Martadinata mencapai Rp2,835 miliar.

Menteri PU Djoko Kirmanto di lokasi kejadian mengungkapkan, perkiraan perbaikan membutuhkan biaya Rp6 miliar-Rp7 miliar dengan jangka waktu dua sampai tiga bulan

Wah, Jalan RE Martadinata Retak Lagi

Posted: 16 Sep 2010 10:44 PM PDT


JAKARTA - Sejumlah retakan terlihat di ruas Jalan RE Martadinata yang mengarah ke Ancol, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2010).

Pantauan okezone, retakan sepanjang 10 meter itu terlihat persis di badan jalan yang berlawanan arah dengan ruas jalan yang ambles, kemarin.

"Kami sedang menyelidiki penyebabnya, akan kami investigasi lebih lanjut," kata Kepala Pusat Litbang Kementerian Pekerjaan Umum Jawali Marbun kepada wartawan.

Warga yang juga melihat retakan tersebut mengaku khawatir. "Kemarin belum ada, kita juga enggak tahu kenapa," ungkap Somat, warga sekitar.

Oksana Sewa Dua Pengacara Handal Gugat Mel Gibson

Posted: 16 Sep 2010 10:43 PM PDT

Detail Berita
Mel Gibson dan Oksana
LOS ANGELES- Rencana Oksana Grigorieva untuk menggugat aktor Mel Gibson tampaknya dilakukan serius. Buktinya, dia dikabarkan telah menyewa dua pengacara terkenal untuk hadapi Gibson.

Kedua pengacara itu adalah Martin Garbus dan Daniel Horowitz, keduanya adalah pengacara tanggung dan terkenal biasa menangani kasus-kasus selebriti, seperti dikutip okezone dari TMZ, Jumat (17/9/2010).

Martin dan Daniel pernah membela Robert Redport, Al Pacino, dan Spike Lee. Keduanya merupakan pengacara ternama di kalangan selebriti.

TMZ mendapatkan informasi keduanya akan mewakili Oksana sehubungan dengan kasus kekerasan dalam rumah tangga yang dialami klien mereka.

Selain gugatan perdata, mereka juga akan mewakili Oksana dalam karir musiknya. Mereka akan menghadapi Gibson, yang mereka duga menghalang-halangi peluncuran karya musik Oksana.

Untuk melakuakn ini semua, Oksana dan dua pengacara ini dikabarkan akan mengajukan gugatan tersebut di akhir tahun ini

Kotak Anggap Kasus Cella Tidak Penting

Posted: 16 Sep 2010 10:42 PM PDT

Detail Berita
Kotak
JAKARTA - Kotak sepakat bungkam dan enggan membahas masalah yang menimpa gitarisnya, Mario Marcella alias Cella.

"Kalau yang masalah Cella enggak mau bahas, karena enggak penting. Makanya malas untuk bahas," tegas vokalis Kotak, Tantri, ditemui di Studio RCTI, Jakarta Barat, Jumat (17/9/2010).

Sejak awal terjun ke panggung musik tanah air, Kotak sepakat untuk menjual prestasi, bukan gosip yang datang dari kasus yang melibatkan personel grup band. "Dari awal kita terjun ke dunia entertainment, kita menjual prestasi," ujar Tantri.

Dia mengatakan kurang lebihnya kasus yang melibatkan Cella yang telah ditetapkan oleh Polsek Mampang Prapatan sebagai tersangka dugaan kasus pengeroyokan, telah mengganggu Kotak. Tantri memastikan hal itu mempengaruhi Kotak juga.

"Tapi kita sekarang lagi promo album. Orang itu kan menunggu albumnya Kotak, bukan gosipnya," tandasnya.

Meskipun kabar keterlibatan Cella dalam ranah hukum sebagai tersangka pengeroyokan sempat ramai di pemberitaan televisi, Kotak sepakat untuk berkonsentrasi mencetak prestasi di panggung musik.

"Jadi kita keluarin saja prestasi karya-karya terbaik Kotak," imbuhnya.

Di tengah perbincangan, Tantri menunjuk ke arah Cella yang tetap diam tak sedikitpun menanggapi pertanyaan wartawan. Menurutnya, Cella tidak terpengaruh dengan kabar dan status tersangkanya di Polsek Mampang Prapatan.

"Enggak ada, itu saja Cella tetap gendut. Sekarnag ini kita enggak mau membahas masalah ini," tegasnya sekali lagi.

Tantri mengatakan semua urusan kasus diserahkan ke manajemen. Kotak enggan memperpanjang bahasan kasus itu di media massa.

"Kita sebagai band, kalau tanya soal kerjaan akan kita jawab. Kalau masalah kasus atau masalah pribadi personel, kita serahkan ke manajemen," tandas Tantri.

Rusaknya Lingkungan Jakarta Harus Ditangani Serius

Posted: 16 Sep 2010 10:41 PM PDT

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara Amblas

JAKARTA - Pemerintah diminta serius menangani kerusakan lingkungan khususnya di wilayah Ibu Kota Jakarta. Amblasnya Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara kemarin menjadi contoh kecil kerusakan lingkungan akibat gerusan abrasi pantai.

Ahli Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Imam Sadisun menjelaskan, persoalan di Jakarta seperti penurunan permukaan tanah terjadi akibat penggunaan air tanah yang berlebih termasuk pembangunan gedung bertingkat seperti apartemen dan pusat perbelanjaan.

"Ini harus ditangani serius, karena persoalan seperti itu sudah terjadi sejak dulu dan dikhawatirkan bertambah parah," kata Imam saat berbincang dengan okezone melalui sambungan telepon, Kamis, (16/9/2010) malam.

Menurut dia, pemerintah setempat harus segera memproteksi kawasan di bibir pantai dari erosi abrasi. "Harus diberi tambahan material yang kuat dan tahan seperti beton atau batu besar yang dipasang di sisi pantai untuk menghalangi erosi pantai," sambungnya.

Seperti diketahui, Jalan RE Martadinata amblas sepanjang 100 meter. Diduga amblasnya jalan tersebut karena konstruksi bagian penyangga jalan tak mampu menahan erosi pantai.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan perbaikan jalan akan menghabiskan dana Rp7 miliar. Diharapkan dalam waktu tiga bulan, jalan utama lalu lintas truk barang ke Pelabuhan Tanjung Priok itu bisa selesai.

Imbas Jalan Ambles, Tol Priok Bakal Macet Total

Posted: 16 Sep 2010 10:41 PM PDT

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara Amblas

JAKARTA - Hampir separuh ruas Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, ambles kemarin. Musibah ini kemungkinan berdampak pada keterlambatan pengiriman barang di Pelabuhan Tanjung Priok plus kemacetan hebat di tol dalam kota.

"Pemerintah harus mempercepat perbaikan jalur arteri nasional ini. Jika tidak, akan terjadi kemacetan di jalur alternatif, karena truk-truk akan lewat tol dalam kota. Belum lagi di belokan keluar Priok, di sana ada penyempitan," ujar pengamat tata kota Yayat Supriyatna kepada okezone, Jumat (17/9/2010).

Selain kemacetan, lanjut Yayat, peningkatan volume kendaraan di jalur-jalur alternatif yang melewati pemukiman penduduk juga bisa saja terjadi, seperti di kawasan Sunter.

"Kalau perlu diatur bagi truk-truk kontainer pengangkut barang, misalnya mereka malam hari, agar tidak mengganggu aktivitas harian masyarakat. Dalam waktu dua bulan ini akan terjadi keterlambatan karena peningkatan volume," jelasnya.

Solusi berikutnya, menurut Yayat, pemerintah harus membangun Jalan RE Martadinata lebih tinggi seperti akses menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Harus ditinggikan dari permukaan tanah tapi dengan menggunakan pilar agar memiliki rongga. Jangan hanya dengan pengurukan, dan tumpukan pengeras jalan. Jadi bagaimana pemerintah memikirkan desain yang tepat agar air tidak sampai merembes dan membuat struktur jalan rapuh," papar dia

Semua Lalin yang Melalui RE Martadinata Dialihkan

Posted: 16 Sep 2010 10:40 PM PDT

Jalan RE Martadinata yang ambles

JAKARTA - Arus lalu lintas dari arah Terminal Tanjung Priok menuju Ancol yang melalui Jalan RE Martadinata dialihkan melalui tiga jalur, antara lain Jalan Sunter Podomoro, Jalan Enggano, dan Jalan Gorontalo.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Utara, Kompol Irvan Prawira Putra menjelaskan, pengalihan berlangsung hingga kondisi jalan tersebut dapat dilalui kembali.

Sementara pengendara dari arah Ancol menuju Terminal dan Pelabuhan Tanjung Priok, dialihkan ke jalan di samping Pengadilan Jakarta Utara yakni Jalan Sunter Permai menuju Danau Sunter. Pihaknya terpaksa mengalihkan arus lalu lintas dari arah Terminal Tanjung Priok menuju Ancol dan sebaliknya. Kendaraan kecil dari terminal dapat menggunakan akses di Jalan Sunter Podomoro, Jalan Enggano, dan Jalan Gorontalo

Sementara arah sebaliknya dialihkan ke Jalan Enggano, Jalan Warakas atau jalan-jalan perkampungan yang ada di sekitar lokasi kejadian. Sebaiknya pengendara motor dari arah Tanjung Priok menuju Ancol, melalui Yos Sudarso dan melanjutkan melalui Jalan Danau Sunter Utara.

"Khusus untuk kendaraan roda empat kami imbau untuk melalui jalan Tol Wiyoto Wiyono dari pintu Tol Tanjung Priok, dan sebaliknya dari pintu Tol Ancol," tukas Irvan.

Khusus pengguna jalan tol Ancol dapat keluar di Jalan Yos Sudarso untuk menuju Pelabuhan atau Terminal Tanjung Priok.

Pihaknya telah memperkuat personel di jalan-jalan alternatif tersebut untuk membantu mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Kompol Irvan menjelaskan penutupan jalan tersebut demi keselamatan. "Jalan ini ditutup karena tidak bisa dilalui kendaraan," ucapnya.

Pengalihan ini, lanjut Irvan, berlangsung hingga jalan RE Martadinata yang terputus itu selesai diperbaiki.

Asyik, Hadir Museum & Kampung Wisata Tani!

Posted: 16 Sep 2010 10:40 PM PDT


KLATEN - Fakultas Geografi UGM bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Klaten dan KKN PPM UGM meresmikan berdirinya Museum Tani Indonesia dan Kampung Wisata Tani di dusun Selorejo, Krakitan, Bayat Klaten.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Klaten Sunarno, S.E didampingi Ketua Pengelola Museum Prof. Dr. Suratman, M.Sc, Kamis (17/9/2010).

Menurut Suratman, ide dan rintisan Museum Tani muncul semenjak 2000 silam. Pada saat itu orang tuanya memiliki gagasan perlunya melestarikan berbagai kegiatan terkait bidang olah pertanian.

"Perlu le, mbok lestareke (Perlu nak, coba dilestarikan)," ucapnya menirukan pesan orangtuanya.

Sehingga tidak mengherankan bila Museum Tani Indonesia ini kemudian menempati kediaman orang tua Prof. Suratman. Selain berbagai koleksi benda-benda pertanian dari berbagai daerah di Indonesia, di museum ini para pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis tanah, adat pertanian, makanan, hewan-hewan disertai gambar-gambar cara orang bertani dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu keberadaan Kampung Wisata Tani, kata Suratman, untuk melengkapi keberadaan Museum Tani Indonesia. Dengan berwisata di dusun ini, para pengunjung bisa melakukan home stay di rumah-rumah penduduk. Mereka pun bisa melakukan praktek bertani, outbond di alam desa, memancing, photo action, festival tani dan melihat upacara tradisi tani.

Disamping itu para wisatawan bisa terlibat dalam berbagai permainan tradisionil, tari-tari, membaca di perpustakaan tani dan memetik buah langsung dari pohon.

"Ada dua puluh lima kegiatan yang bisa dipilih untuk mereka yang berkunjung di Kampung Wisata Tani ini," tambahnya.

Sebagai penasehat di Kampung Wisata Tani, Suratman menjelaskan, posisi geografis dusun Selorejo, Krakitan, Bayat Klaten ini sangat strategis. Lokasinya diapit oleh dua tempat tujuan wisata yang telah berdiri sebelumnya, yaitu Jimbung dan Rawa Jombor. Dua lokasi wisata yang sudah tidak asing bagi masyarakat Solo, Klaten dan Yogyakarta.

"Harapannya museum pun nantinya bisa bertaraf internasional. Oleh karena itu saya meminta kepada Keluarga Mahasiswa Fakultas Geografi untuk membuat proposal bagi wisata di daerah ini," jelasnya.

Di desa Wisata Selorejo para wisatawan bisa belajar cara membajak dan menggaru sawah dengan hewan sapi. Membajak dan menggaru lahan persawahan tentu menjadi atraksi yang menarik bagi pengunjung yang berasal dari kota besar. Kepada wisatawan juga ditawarkan menikmati suasana pedesaan dengan menggunakan bendi.

"Bisa pula melihat orang beternak entok, kambing, sapi, burung puyuh. Para wisatawan bisa belajar mengenai burung langka, semacam burung Jalak Uren atau Jalak Bali," katanya.

Hal senada disampaikan Bupati Klaten dalam sambutannya. Dikatakannya, bila potensi daerah sekitar sangat mendukung bagi pengembangan Museum Tani Indonesia dan Kampung Wisata Tani. Harapannya dengan pengembangan dua kegiatan ini di dusun Selorejo akan menambah khasanah bagi masyarakat sekitar dan umum di bidang pertanian, karena beragam jenis kegiatan pertanian bisa dikembangkan di daerah ini.

"Karenanya kami sangat berterima kasih kepada keluarga Prof. Suratman yang telah memprakarsai berdirinya museum dan kampung wisata tani ini," tutur Bupati.

JK: Beri Pengusaha Lokal Karpet Merah!

Posted: 16 Sep 2010 10:40 PM PDT

Jusuf Kalla

MAKASSAR - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau pemerintah daerah untuk terus meningkatkan ekonomi di daerahnya dengan mendorong pertumbuhan pengusaha lokal. Menurut Kalla, pemerintah terlalu bangga dengan kedatangan investor asing yang kadang tak memberikan kontribusi berarti pada daerah.

"Kedatangan investor asing sering disambut dengan karpet merah. Jangan lupa uangnya dibawa ke luar negeri, tapi pengusaha lokal kita lah yang menumbuhkan ekonomi daerah sendiri. Semestinya ini yang kita siapkan, karpet merah. Karena, inilah kekuatan kita," kata Kalla di hadapan ratusan peserta Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) XII di Wisma Kalla, Makassar, kemarin.

Menurut dia, saat ini ada beberapa daerah yang memiliki nilai ekspor tinggi namun kebanyakan dikelola oleh investor asing. "Jangan sampai seperti di Kalimantan, potensi batu bara daerah kita habis dan kita hanya tinggal banjirnya," katanya.

Selain itu, dikatakannya, kedatangan investor menjadi hal yang baik. Namun, kekuatan daerah sendiri semestinya menjadi pedoman dan fondasi. Kalla yang juga Ketua Dewan Penyantun Kerukunan Keluarga Sulsel (KKSS) mengajak seluruh pihak di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk terus mendorong pertumbuhan masyarakat petani dan para pengusaha di wilayah tersebut. Dia mengimbau agar semangat pengusaha yang mengakar di masyarakat Sulsel tetap terjaga.

Alasannya, dunia usaha menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Semangat pengusaha di Sulsel dinilainya memang telah melekat jauh terlihat dari kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Bugis-Makassar. "Itu pegangan dan jadi harga diri masyarakat Sulsel dan itu akan menjadi pertahanan ekonomi bangsa yang kuat," katanya.

PSBM, kata mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, sebagai salah satu langkah untuk terus menjaga semangat pengusaha asal Bugis-Makassar. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel La Tunreng mengatakan, masuknya investor ke daerah memang tak mesti diberikan peluang yang terlalu besar.

"Sebagai tuan rumah kita mesti memberikan penghormatan tapi jangan memberikan peluang yang terlalu besar. Jangan sampai kita jadi penonton, kita mesti kembangkan kerja sama dan sinergi," tandasnya.

Menanggapi imbauan Kalla untuk terus menjaga semangat pengusaha, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel Yudi Arsono mengatakan, pihaknya jauh-jauh hari telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Hipmi telah gencar melakukan berbagai event di kampus-kampus untuk menumbuhkan entrepreneur muda.

"Apa yang disampaikan Pak Kalla sebenarnya adalah regenerasi. Kita telah mencoba itu, saat ini ada program road to campus di mana kita mengajak para mahasiswa untuk mandiri dengan membuka usaha sendiri. Para mahasiswa tersebut kami fasilitasi untuk mendapatkan jaringan terutama untuk mendukung programnya," kata Yudi kemarin.

Menurut Yudi, saat ini Hipmi Sulsel telah menggandeng tiga kampus yakni Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Fajar untuk terus menghasilkan entrepreneur muda.

Gubernur Diminta Batasi Penggunaan Air Tanah

Posted: 16 Sep 2010 10:39 PM PDT

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara Amblas

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo diminta tegas untuk mengatur dan membatasi penggunaan air tanah di Jakarta. Pembatasan penggunaan air tanah ini menyusul ambrolnya Jalan RE Martadinata kemarin.

"Kami juga meminta Gubernur DKI Jakarta untuk lebih tegas membatasi penggunaan air tanah di Ibukota Jakarta,"kata anggota Komisi V DPR Yudi Widiana Adia dalam rilis yang diterima okezone, Jumat (17/9/2010).

Yudi kembali menjelaskan penurunan lapisan tanah dalam jangka panjang bisa berdampak pada makin rapuhnya soliditas inftrastruktur di Ibukota yang pada akhirnya menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat besar.

Seperti diketahui Jalan RE Martadinata yang merupakan jalan penghubung Ancol-Tanjung Priok ambrol sedalam 7 meter dan lebar 100 meter. Ambrolnya jalan tersebut menurut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto akibat abrasi yang disebabkan pengerukan pantai secara berlebihan.

Comments (0)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...